SKB 4 Menteri tentang PTM Tetap Berlaku

Firman Rusliawan
Kategori Berita: Umum 02 Juli 2021 | Dibaca 139x Diposting oleh: Firman Rusliawan

SKB 4 Menteri tentang PTM Tetap Berlaku

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah menyelenggarakan webinar bertema Kebijakan PTM Terbatas Menyambut Tahun Ajaran Baru 2021/2022.

Webinar ini berlangsung pada Kamis (1/7/2021) dan dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Jumeri.

Dalam arahannya, Jumeri menegaskan bahwa tidak ada perubahan atau pembatalan SKB 4 Menteri yang dikeluarkan tanggal 30 Maret 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), beliau juga menjelaskan bahwa disamping SKB 4 Menteri tersebut Instruksi Mendagri Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 masih berlaku.

Lebih lanjut Jumeri menjelaskan, bahwa tidak semua wilayah memiliki kondisi yang sama sehingga kita tetap mengacu pada kebijakan bahwa sekolah-sekolah yang berada pada wilayah dengan zona merah dan orange wajib melaksanakan pembelajaran dari rumah, namun sekolah-sekolah yang berada di wilayah yang aman maka didorong untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas, Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan perlu melakukan melakukan langkah sosialisasi yang massif kepada orang tua, kepala satuan pendidikan, dan kepada masyarakat secara umum. Hal tersebut perlu untuk mengedukasi masyarakat bahwa walaupun tingkat penyebaran COVID-19 pada beberapa daerah masih tinggi namun kondisi tersebut tidak bias disamaratakan ke semua wilayah.

Jumeri juga menekankan jangan sampai ada kluster sekolah, sehingga sangat penting memastikan setiap sekolah yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas telah mempersiapkan guru, peserta didik, dan sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan selama pembelajaran tatap muka terbatas. Memaksimalkan fungsi UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) untuk mendukung hal tersebut juga perlu menjadi perhatian para Kepala Satuan Pendidikan.

Hal lain yang penting adalah agar jika anda informasi terkait dengan pembelajaran tatap muka terbatas agar segera diklarifikasi kepada masyarakat untuk mencegah informasi yang tidak benar menjadi viral dan membingungkan masyarakat.

Webinar tersebut juga menghadirkan Muhammad Hasbi (Direktur PAUD) selaku moderator, dan Sri Wahyuningsih, (Direktur SD), Kadis Pendidikan Provinsi NTB, Kadis Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya, dan beberapa pelaku praktik baik pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas yang telah berjalan di satuan PAUD, SMP, dan SMA.



(Sumber Berita: Hernawati Syam)

Firman Rusliawan
Kategori Berita: Umum 02 Juli 2021 | Dibaca 139x Diposting oleh: Firman Rusliawan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔19 Agustus 2021

    Bimbingan Teknis Program Pengendalian Gratifikasi Kemendikbudristek Tahun 2021

  • Agenda
    🕔17 Agustus 2021

    Upacara Virtual Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI

  • Agenda
    🕔23 Juli 2021

    Rapat Verifikasi dan Validasi data TIK PKBM Se Sulsel

  • Agenda
    🕔02 Juli 2021

    Forum Konsultasi Publik Standar Layanan BP PAUD dan Dikmas SulSel

  • Agenda
    🕔16 Juni 2021

    Vaksinasi Covid-19 Pegawai BP PAUD dan Dikmas Sulsel

Selengkapnya