PAUD adalah Social Movement, bukan Komersialisasi Pendidikan

Firman Rusliawan
Kategori Berita: Umum 13 November 2021 | Dibaca 12x Diposting oleh: Firman Rusliawan

PAUD adalah Social Movement, bukan Komersialisasi Pendidikan

Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Arman Agung, M.Pd menerima kunjungan dari Ketua BAN PAUD-PNF, Prof. Dr. Supriyono, M.Pd beserta rombongan yang melakukan kunjungan ke BAN PAUD-PNF Provinsi Sulawesi Selatan Jumat sore (12/11/2021), bertempat di Aula Mini BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan. Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Ketua BAN PAUD-PNF Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Ridwan, dan Sekretaris BAN PAUD-PNF Provinsi Sulawesi Selatan, Sainal Abidin.

Dalam pengantarnya, Supriyono menekankan dengan pernyataan yang menarik, "Dalam hal sistem pendidikan, Indonesia sukses di schooling, tapi gagal di learning," tegasnya. Pernyataan tersebut diikuti dengan penjelasan dan contoh-contoh yang faktual seputar pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini.


Sesi diskusi pada kesempatan tersebut digunakan oleh Arman Agung untuk mempertanyakan terkait kondisi lembaga-lembaga PAUD korelasinya dengan tingkat kesejahteraan guru-gurunya. "Miris rasanya melihat persyaratan akreditasi untuk lembaga PAUD salah satunya adalah pendidikan guru yang S1, tetapi dengan S1 pun tidak menjamin mereka mendapatkan kompensasi yang sesuai dengan jerih payahnya," jabarnya.

Pertanyaan ini kemudian ditanggapi oleh Supriyono dengan menerangkan bahwa harus dibedakan antara lembaga PAUD yang berstatus negeri dengan yang swasta. "Untuk yang swasta bersifat social movement dan bukan bertujuan mengkomersilkan pendidikan. Apabila kita selalu menilai lembaga PAUD dengan schooling system, maka kita akan selalu menemukan masalah ini dan akan selalu kecewa," jawab Supriyono.

Selain itu, dibahas pula peran-peran BAN di masa mendatang yang mengalami penegasan. "Ke depan, peran BAN bukan hanya sebatas menjadi external auditor bagi lembaga-lembaga pendidikan, tetapi juga menjadi external quality assurance untuk lembaga-lembaga tersebut," tambahnya.



(Sumber Berita: Firman Rusliawan)

Firman Rusliawan
Kategori Berita: Umum 13 November 2021 | Dibaca 12x Diposting oleh: Firman Rusliawan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔28 Oktober 2021

    Bimbingan Teknis Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2021

  • Agenda
    🕔27 Oktober 2021

    Bimbingan Teknis Pemetaan Mutu PAUD Dikmas Tahun 2021

  • Agenda
    🕔19 Agustus 2021

    Bimbingan Teknis Program Pengendalian Gratifikasi Kemendikbudristek Tahun 2021

  • Agenda
    🕔17 Agustus 2021

    Upacara Virtual Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI

  • Agenda
    🕔23 Juli 2021

    Rapat Verifikasi dan Validasi data TIK PKBM Se Sulsel

Selengkapnya