Kunjungan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan ke BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan

Firman Rusliawan
Kategori Berita: Umum 13 November 2021 | Dibaca 12x Diposting oleh: Firman Rusliawan

Kunjungan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan ke BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Anindito Aditomo S.Psi., M.Phil., Ph.D, melakukan kunjungan ke BP PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat sore (12/11/2021) dengan didampingi Ketua BAN PAUD-PNF, Prof. Dr. Supriyono, M.Pd.

Pada kunjungan ini, Anindito menekankan urgensi untuk wajib PAUD sebagai pendidikan pra-sekolah dasar untuk menghindari learning loss, terlebih lagi di masa pandemi ini. Anindito memunculkan salah satu penelitian yang menyimpulkan bahwa proses belajar literasi numerasi yang selama masa pandemi diselenggarakan secara daring untuk anak usia dini, memang terbukti berhasil. "Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa meskipun metodenya daring, murid tetap mampu dalam hal literasi dan numerasi. Namun jumlahnya terpusat di perkotaan, sedangkan di remote area atau daerah terpencil, kebanyakan murid mengalami learning loss," ungkap Anindito. Kendala yang dialami antara lain ketersediaan jaringan yang mengakibatkan tidak ada internet; kondisi ekonomi rendah yang mengakibatkan tidak terbelinya laptop; dan kesemuanya mengakibatkan hilangnya kesempatan belajar bagi murid.

Lebih lanjut, Anindito juga menyebutkan bahwa rapor mutu pendidikan untuk pertama kalinya akan menjadi salah satu komponen utama penilaian kinerja pemerintah daerah, dimana sebelumnya pendidikan belum pernah menjadi komponen penilaian di daerah mana pun.

"Dari tahun-tahun kemarin sampai saat ini," lanjutnya, "Yang dinilai dari sektor pendidikan adalah berapa banyak satuan/sekolah unggulan yang dimiliki di suatu daerah. Semakin banyak semakin bagus kinerjanya. Namun di masa mendatang, yang dinilai adalah kesenjangan (gap) antara sekolah unggulan dengan sekolah bukan unggulan. Semakin kecil gap-nya maka semakin bagus kinerjanya,".



(Sumber Berita: Firman Rusliawan)

Firman Rusliawan
Kategori Berita: Umum 13 November 2021 | Dibaca 12x Diposting oleh: Firman Rusliawan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔28 Oktober 2021

    Bimbingan Teknis Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2021

  • Agenda
    🕔27 Oktober 2021

    Bimbingan Teknis Pemetaan Mutu PAUD Dikmas Tahun 2021

  • Agenda
    🕔19 Agustus 2021

    Bimbingan Teknis Program Pengendalian Gratifikasi Kemendikbudristek Tahun 2021

  • Agenda
    🕔17 Agustus 2021

    Upacara Virtual Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI

  • Agenda
    🕔23 Juli 2021

    Rapat Verifikasi dan Validasi data TIK PKBM Se Sulsel

Selengkapnya