Koordinasi Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak (PSP) di Kabupaten Wajo

Muhammad Wildan
Kategori Berita: Umum 24 Agustus 2021 | Dibaca 218x Diposting oleh: Muhammad Wildan

Koordinasi Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak (PSP) di Kabupaten Wajo

Program Sekolah Penggerak (PSP) merupakan salah satu episode dari Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. PSP adalah program yang ditujukan untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dengan lima intervensi yaitu: penguatan kapasitas SDM sekolah, pembelajaran paradigma baru, perencanaan berbasis data, digitalisasi sekolah, dan pendampingan konsultatif dan asimetris. PSP menekankan peran kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah, dalam PSP yang diseleksi adalah kepala sekolah, seleksi tersebut terdiri dari beberapa tahapan, mulai tahapan seleksi administrasi hingga seleksi wawancara dan psikotes. Kepala sekolah yang lulus dan ditetapkan sebagai kepala sekolah penggerak maka secara otomatis sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah penggerak. Sekolah yang menjadi sekolah penggerak nantinya akan mendapat BOS/BOP kinerja yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan intervensi PSP.

Salah satu penentu keberhasilan PSP adalah kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, hal tersebut tampak dalam salah satu klausul dalam Nota Kesepahaman antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dimana Pemda berkomitmen untuk tidak melakukan mutasi kepala sekolah yang telah ditetapkan sebagai kepala sekolah penggerak.

Dalam rangka mewujudkan kolaborasi antara Kemdikbudristek dan Pemda untuk menyukseskan Program Sekolah Penggerak tahap II di Sulawesi Selatan. Kemdikbudristek dalam hal ini diwakili oleh UPT LPMP dan BPPAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan, pada hari Selasa, 24 Agustus 2021, jam 09.00-10.00 WITA melakukan kunjungan koordinasi PSP ke Kabupaten Wajo. Tim PSP diterima langsung oleh Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S. Sos., MM beserta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo bersama Kepala Bidang, PAUD, SD, dan SMP. Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang pelaksanaan program sekolah penggerak, dimana Kabupaten Wajo merupakan salah satu Kabupaten pelaksana PSP tahap II di Sulawesi Selatan bersama 6 Kabupaten yang lain (Barru, Kepulauan Selayar, Jeneponto, Toraja Utara, Luwu Utara, Luwu Timur). Bupati Wajo juga telah menyampaikan dukungan untuk pelaksanaan Program Sekolah Penggerak melalui video testimoni.


(Sumber Berita: Tim Media)

Muhammad Wildan
Kategori Berita: Umum 24 Agustus 2021 | Dibaca 218x Diposting oleh: Muhammad Wildan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔19 Agustus 2021

    Bimbingan Teknis Program Pengendalian Gratifikasi Kemendikbudristek Tahun 2021

  • Agenda
    🕔17 Agustus 2021

    Upacara Virtual Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI

  • Agenda
    🕔23 Juli 2021

    Rapat Verifikasi dan Validasi data TIK PKBM Se Sulsel

  • Agenda
    🕔02 Juli 2021

    Forum Konsultasi Publik Standar Layanan BP PAUD dan Dikmas SulSel

  • Agenda
    🕔16 Juni 2021

    Vaksinasi Covid-19 Pegawai BP PAUD dan Dikmas Sulsel

Selengkapnya