Belajar dari Rumah ala Direktorat PAUD

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 23 Juni 2020 | Dibaca 702x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Belajar dari Rumah ala Direktorat PAUD

Pandemi Covid-19 tidak diragukan lagi membawa perubahan untuk segala aspek kehidupan, tidak terkecuali pendidikan untuk anak usia dini. Metode konvensional sebelumnya berupa tatap muka di sekolah disesuaikan menjadi metode daring.

Untuk alasan ini, Direktorat PAUD dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Bimbingan Teknis dalam Jaringan bagi Guru Mitra, dan Penilik PAUD dalam pelaksanaan Belajar dari Rumah. Kegiatan ini berlangsung secara daring dalam bentuk konferensi video via Zoom Cloud Meeting dari tanggal 22 Juni sampai dengan 27 Juni 2020.

"Demi ketersampaian informasi yang lebih luas dalam waktu yang bersamaan, maka sebagai penggagas dari kegiatan ini, Direktorat PAUD bekerja sama dengan BP-PAUD dan Dikmas yang ada di seluruh Indonesia untuk menyebarluaskan informasi dan kiat menyelenggarakan pembelajaran dari rumah," demikian penjelasan Muhammad Hasbi sebagai Direktur PAUD saat membuka kegiatan ini.


Faktor keterbatasan waktu dan anggaran menjadi alasan penetapan tujuan kegiatan ini, yaitu mengimbaskan informasi yang didapatkan seluas-luasnya kepada PTK yang ada di sekitarnya. Peserta baru akan mendapatkan sertifikatnya apabila panitia sudah menerima laporan pelaksanaan kegiatan pengimbasan.

Khusus untuk Sulawesi Selatan, diundang pada kegiatan ini sejumlah 150 orang peserta yang terdiri dari Pendidik PAUD, Pengawas/Penilik, dan Organisasi Mitra. Mereka dibagi ke dalam dua angkatan dengan pemateri yang berasal dari Direktorat PAUD, Dukungan Psikologi Anak, dan BP-PAUD dan Dikmas Sul-Sel.

"Selepas bimtek daring ini, diharapkan Ibu/Bapak dapat melakukan pengimbasan terhadap 10 sekolah lainnya dengan 2 pendidik untuk masing-masing sekolah. Jadi satu orang alumni bimtek ini dapat mengimbaskan ke 20 orang pendidik untuk diaplikasikan di sekolahnya," ungkap Plt. Kepala Balai, Pria Gunawan dalam sambutannya.

Dua belas kiat yang dibahas pada kegiatan ini antara lain: Pentingnya Bermain bagi Anak; Bermain Sains di Rumah; Bermain Matematika di Rumah; Bermain Bahasa di Rumah; Bermain Seni di Rumah; RPP Belajar dari Rumah; Penilaian Hasil Belajar; Pengasuhan Positif; Dukungan Psikologi Awal; Komunikasi Efektif dengan Orangtua; dan Media Daring.

Sesi pembukaan kegiatan ini diakhiri dengan tanya jawab antara peserta dengan Muhammad Hasbi selaku Direktur PAUD. Diskusi berlangsung seputar kebijakan pelaksanaan BDR dan masalah-masalah yang dialami pendidik PAUD terkait pembelajaran dan orangtua murid.



(Sumber Berita: Firman Rusliawan)

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 23 Juni 2020 | Dibaca 702x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔07 Oktober 2020

    Kelas Orangtua Berbagi Sesi 3 "Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini di Rumah selama Masa BDR"

  • Agenda
    🕔06 Oktober 2020

    Bimbingan Teknis PTK PAUD Angkatan III

  • Agenda
    🕔23 September 2020

    Undangan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Undangan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Program Pendidik/Tutor Bantu bagi SKB

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung