PURINA (Pendidikan Pengurangan Resiko Bencana Pada Anak Usia Dini) 2019




[ Download Lampiran ]


Sebagai Negara ditempat rawan bencana alam, ring of fire, kita harus siap merespon dan tanggungjawab menghadapi segala bencana alam. Saya minta edukasi lebih baik, konsisten dan lebih dini bisa masuk kedalam muatan sistem pendidikan kita, Presiden Jokowi(Sidang Kabinet Paripurna, 7 Januari 2019). UU nomor 24 tahun 2007 (pasal 26)menyatakan prioritas Pengurangan Risiko Bencana perlu dimasukkan ke dalam sektorpendidikan, di mana setiap orang berhak mendapatkan pendidikan, pelatihan, danketerampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, baik dalam situasi tidak terjadi bencana maupun situasi terdapat potensi bencana.Melalui pendidikan dan pelatihan penanggulangan bencana baik secara formal dan nonformal,diharapkan budaya aman dan kesiapsiagaan menghadapi bencana dapat terus dikembangkan. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi selatan menyatakan dari 24kabupaten/kota di Sulsel berpotensi terjadi bencana, patut diwaspadai karena seluruh titikdaerah rawan dan semuanya rentan terjadi bencana alam.
Anak-anak adalah kelompok yang paling rentan selama kejadian bencana, terutamayang sedang bersekolah pada saat berlangsungnya kejadian. Pada saat bencana, gedung sekolah atau lembaga Pendidikan hancur, mengurangi usia hidup peserta didik dan guru yang sangat berharga dan terganggunya hak memperoleh Pendidikan sebagai dampak bencana. 
Berdasarkan masalah dan prioritas kebutuhan sehubungan dengan program pendidikan kebencanaan supaya dapat berjalan di lembaga PAUD, maka direkomendasikan untukdikembangkan : Model Pendidikan Pengurangan Resiko Bencana padaAnak Usia Dini yang selanjutnya bisa disingkat MODEL PURINA. 
Secara umum model ini bertujuan untuk memberikan pedoman pembelajaran dalampendidikan pengurangan resiko bencana pada anak usia dini dalam rangka mengembangkan program Pendidikan kebencanaan di Satuan Pendidikan Anak UsiaDini, sehingga dapat membantu mengurangi dampak bencana serta kesiapan dalam menghadapi bencana yang datang sewaktu waktu.


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔19 Agustus 2021

    Bimbingan Teknis Program Pengendalian Gratifikasi Kemendikbudristek Tahun 2021

  • Agenda
    🕔17 Agustus 2021

    Upacara Virtual Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI

  • Agenda
    🕔23 Juli 2021

    Rapat Verifikasi dan Validasi data TIK PKBM Se Sulsel

  • Agenda
    🕔02 Juli 2021

    Forum Konsultasi Publik Standar Layanan BP PAUD dan Dikmas SulSel

  • Agenda
    🕔16 Juni 2021

    Vaksinasi Covid-19 Pegawai BP PAUD dan Dikmas Sulsel

Selengkapnya