Kasubdit Pembelajaran dan Peserta Didik Hadiri FGD Program Suslat

Rusdy Embas
Kategori Berita: Pembinaan Kursus & Pelatihan 29 Mei 2014 | Dibaca 3276x Diposting oleh: Rusdy Embas

Kasubdit Pembelajaran dan Peserta Didik Hadiri FGD Program Suslat

Kasubdit Program Pembelajaran dan Peserta Didik Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Abdullah, menghadiri Focus Group Discussion Program Kursus dan Pelatihan BP PAUDNI Regional III, di Makassar, Rabu (28/5/2014).

 

Hari kedua FGD yang diisi pemaparan draf model program dari tim Kelompok Kerja Pembinaan Kursus dan Pelatihan masing-masing: Pemberdayaan Komunitas Suku Bajo Melalui Model Kursus Kunjung; Rumah Terapung (Pengembangan Model Kursus dan Pelatihan Pengolahan Ikan Air Tawar pada Komunitas Nelayan Danau Tempe di Kabupaten Wajo); dan Peningkatan Kompetensi Manajerial Pengelola Kursus Melalui Strategi Pembelajaran Tukar Belajar.

 

Ketika menanggapi tiga draf pengembangan program Kursus dan Pelatihan, Dr. Abdullah memuji ketiga program tersebut. Kendati demikian, dia menyarankan agar peserta belajar juga diberi materi pelajaran terkait manajemen usaha. 

Pelatihan ilmu pemasaran itu menurut Abdullah sangat penting buat mereka, karena tantangan terbesar yang dihadapi para wiarausaha, khususnya yang masih pemula, setelah mampu membuat produk ikan hasil olahan adalah bagaimana mememasarkannya.

 

Soal pemasaran selalu menjadi kendala utama bagi wirausahawan muda. Sehingga mereka perlu juga dibekali materi pelatihan tentang manajemen pengelolaan usaha. Bahkan, sejatinya mereka butuh pendamping agar tidak mudah putus asa dalam mengelola usahanya.

 

“Dari tiga draf yang dibahas, tidak ada yang membahas soal manajemen pemasaran buat peserta belajar. Padahal, faktor itu sangat penting. Karena permasalahan terbesar yang dihadapi dalam pengembangan kewirausahaan selama ini adalah soal pemasaran,” kata Abdullah.

 

Kasubdit Program Pembelajaran dan Peserta Didik itu juga mengingatkan pentingnya mengubah pola pikir dalam mengembangkan kewirausahaan agar mereka benar-benar bisa mandiri setelah dilatih.


(Sumber Berita: Rusdy Embas)

Rusdy Embas
Kategori Berita: Pembinaan Kursus & Pelatihan 29 Mei 2014 | Dibaca 3276x Diposting oleh: Rusdy Embas

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔19 Agustus 2021

    Bimbingan Teknis Program Pengendalian Gratifikasi Kemendikbudristek Tahun 2021

  • Agenda
    🕔17 Agustus 2021

    Upacara Virtual Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI

  • Agenda
    🕔23 Juli 2021

    Rapat Verifikasi dan Validasi data TIK PKBM Se Sulsel

  • Agenda
    🕔02 Juli 2021

    Forum Konsultasi Publik Standar Layanan BP PAUD dan Dikmas SulSel

  • Agenda
    🕔16 Juni 2021

    Vaksinasi Covid-19 Pegawai BP PAUD dan Dikmas Sulsel

Selengkapnya