Workshop Pengelola Dapodik PAUD dan Dikmas di Makassar

Rusdy Embas
Kategori Berita: Umum 03 Juli 2018 | Dibaca 279x Diposting oleh: Rusdy Embas

Workshop Pengelola Dapodik PAUD dan Dikmas di Makassar

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas), Harris Iskandar, membuka Workshop Dapodik PAUD dan Dikmas di Hotel Best Western Plus Makassar, Selasa (3/7/2018), malam.

Workshop tersebut diikuti 137 peserta berasal dari Papua, Papua Barat, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, UPT, organisasi mitra, dan peserta pusat.

Harris Iskandar mengapresiasi pelaksanaan workshop ini, khususnya kepada operator dan petugas data yang selama ini jarang ngumpul bersama, dan minta kegiatan yang berlangsung empat hari ini digunakan maksimal.

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) kata Harris, sangat strategis karena digunakan sebelum mengambil kebijakan untuk bantuan sosial dan kebijakan lainnya, khususnya yang terkait dengan pendidikan.

Revolusi pendataan ini, menurut Harris dimulai sejak sepuluh tahun lalu dan ditargetkan selesai tahun ini, untuk memenuhi kebutuhan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga ke pusat.

Dikatakan, sejak ada Dapodik, manipulasi data tidak bisa lagi dilakukan, sehingga semuanya menjadi lebih efisien dan mudah. Ujung-ujungnya bisa memberikan pelayanan yang lebih baik. 

Workshop yang berlangsung empat hari ini diikuti staf pendataan Dapodik dan Dikmas tingkat kabupaten/ kota, staf yang menangani pendataan Dapodik PAUD dan Dikmas pada Pusat Pengembangan dan Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas.

Ikut pula tim Dapodik PAUD dan Dikmas Pusat, staf pada bagian perencanaan dan penganggaran Sekretariat Jenderal PAUD dan Dikmas, serta organisasi mitra terpilih.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi SDM dan membangun komitmen penyelesaian pendataan serta penyelesaian penomoran lembaga/ satuan PAUD dan Dikmas sebagai basis pengembangan data relasional dan longitudinal.

Selama workshop dilakukan evaluasi perkembangan hasil pendataan PAUD dan Dikmas tahun 2017, sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas, aplikasi manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas, SIM DAK Fisik dan SIM DAK Nonfisik, serta BOP PAUD. Dievaluasi pula input/ entri data lembaga PAUD, PKBM, serta LKP.

Selain itu, dilakukan juga identifikasi permasalahan dalam entri data terkait dengan jaringan, aplikasi Dapodik, entri data,sinkronisasi data, serta pengurusan NPSN, NISN, dan NUPK, serta tindak lanjut penyelesaian pendataan dan pemrosesan usulan penomoran lembaga.

Setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini, peserta workshop diharapkan bisa memiliki pemahaman, kesiapan dan komitmen untuk melaksanakan tugas pendataan lembaga PAUD dan Dikmas tahun 2018 menjadi lebih lengkap, valid dan lebih akurat.***

(Sumber Berita: Rusdy Embas)

Rusdy Embas
Kategori Berita: Umum 03 Juli 2018 | Dibaca 279x Diposting oleh: Rusdy Embas

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

  • Agenda
    🕔20 Maret 2019

    Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Program PAUD dan Dikmas Tahun 2019

  • Agenda
    🕔11 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Tutor Pendidikan Keaksaraan

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung