Workshop Pengelola Dapodik Digelar di Empat Provinsi

Rusdy Embas
Kategori Berita: Umum 03 Juli 2018 | Dibaca 358x Diposting oleh: Rusdy Embas

Workshop Pengelola Dapodik Digelar di Empat Provinsi

Untuk menyiapkan dan mensinergikan semua komponen sistem pendataan yang meliputi instrumen, aplikasi dan sumber daya manusia (SDM) pendataan, dan membangun komitmen penyelesaian pendataan serta penyelesaian penomoran lembaga/ satuan PAUD dan Dikmas sebagai basis pengembangan data relasional dan longitudinal maka diadakan workshop pengelola Dapodik.

Workshop tersebut diikuti antara lain staf pendataan Dapodik dan Dikmas tingkat kabupaten/ kota, staf yang menangani pendataan Dapodik PAUD dan Dikmas pada Pusat Pengembangan dan Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas. Ikut pula tim Dapodik PAUD dan Dikmas Pusat, staf pada bagian perencanaan dan penganggaran Sekretariat Jenderal PAUD dan Dikmas, serta organisasi mitra terpilih.

Workshop pengelola Dapodik Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) tahun 2018 dilaksanakan di empat regional pada waktu yang berbeda. Yakni Regional I di Makassar, Regional II di Bali, Regional III di Yogyakarta, dan Regional IV Batam. Semuanya dilakukan pada bulan Juli 2018.

Workshop di Makassar diikuti 137 peserta yang berasal dari Papua, Papua Barat, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, UPT, organisasi mitra dan peserta pusat. Kegiatannya berlangsung di Hotel Best Western Plus Makassar Beach, tanggal 3 hingga 6 Juli 2018.

Workshop Regional II diagendakan berlangsung di New Kuta Hotel Bali, tanggal 10 hingga 13 Juli 2018. Diikuti 223 perserta yang berasal dari Bali, NTB, NTT, Kalimantan Timur,  Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, UPT, Organisasi mitra, dan peserta pusat serta panitia dan nara sumber.

Workshop Regional III akan berlangsung di Tara Hotel Yogyakarta, tanggal 17 hingga 20 Juli 2018, diikuti 239 peserta yang berasal dari DKI, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Lampung, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Bangka Belitung, UPT, Organisasi mitra, peserta pusat, serta panitia dan nara sumber.

Workshop Regional IV akan berlangsung tanggal 24-27 Juli 2018 di Da Vienna Boutique Hotel Batam, diikuti150 peserta dari Sumatera Utara, Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Bengkulu, UPT, organisasi mitra, dan peserta pusat serta panitia.

Selama workshop peserta akan mendapatkan materi dari berbagai nara sumber. Di antaranya Kebijakan Program Pendataan Dapodik PAUD dan Dikmas oleh Dirjen PAUD dan Dikmas; Pemanfaatan Dapodik dalam Penyelenggaraan Layanan Program PAUD dan Dikmas oleh Sekretaris Ditjen PAUD dan Dikmas; Kebijakan Pengelolaan Data PAUD dan Dikmas di Lingkungan Kemendikbud oleh Kepala PDSPK Kemendikbud.

Ada pula materi Kebijakan TIK Untuk Pengembangan Program PAUD dan Dikmas oleh Kepala Pustekkom; Kebijakan Pendayagunaan Dapodik sebagai Dasar Perencanaan dan Penganggaran DAK Fisik dan Nonfisik oleh Kepala Bagian Perencanaan Program dan Anggaran, Biro PKLN; Kebijakan Pendayagunaan Dapodik PAUD dan Dikmas untuk Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas oleh Direktur PGTK PAUD dan Dikmas;

Pemanfaatan Dapodik untuk Afirmasi dan Pemerataan Akses PAUD oleh Direktur Pembinaan PAUD; Pemaanfatan Dapodik untuk Pengembangan Program Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan; Pendayagunaan Dapodik untuk Pembinaan Kursus dan Pelatihan oleh Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan; Simulasi Aplikasi Sispena PAUD dan PNF oleh Tim Teknis BAN PAUD dan PNF.

Penerbitan SK Tunjangan Profesi berdasar Data Pokok Pendidikan dan Aplikasi-Aplikasi yang menggunakan Dapodik pada Lingkungan Dijten GTK oleh Tim Teknis Sesditjen GTK; Mekanisme Pembayaran Tunjangan Profesi Guru dan Aneka Tunjangan untuk Pembinaan GTK PAUD dan Dikmas oleh Tim Teknis Direktorat PGTK PAUD dan Dikmas; Verval SP, Verval PD, Verval PTK untuk penerbitan NPSN, NISN, dan NUPTK oleh Tim Teknis PDSPK; 

Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas oleh Kasubag Data dan Informasi; Simulasi aplikasi  Dapodik PAUD dan Dikmas, SIM DAK Nonfisik BOP PAUD oleh Tim Pengembang; serta Evaluasi Hasil Simulasi Entry Dapodik PAUD dan Dikmas oleh Tim ICT PAUD dan Dikmas.***


(Sumber Berita: Rusdy Embas)

Rusdy Embas
Kategori Berita: Umum 03 Juli 2018 | Dibaca 358x Diposting oleh: Rusdy Embas

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔23 Juli 2019

    Bimbingan Teknis Pamong Belajar SPNF-SKB Tahun 2019

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung