Wagub Sulsel Buka Seminar Nasional IPABI

Rusdy Embas
Kategori Berita: Umum 16 Februari 2019 | Dibaca 60x Diposting oleh: Rusdy Embas

Wagub Sulsel Buka Seminar Nasional IPABI

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, A. Sudirman Sulaiman membuka Seminar Nasional bertajuk Membangun Kemampuan Literasi Masyarakat di Era Revolusi Industri 4.0 di Aula Angin Mammiri, BP-PAUD dan Dikmas Sulsel.

Dalam sambutannya sebelum membuka acara tersebut, Sudirman "menggugat" data angka buta aksara di Sulawesi Selatan dan minta kepala Dinas Pendidikan untuk mendiskusikannya agar data yang dimiliki sinkron.

Seminar tersebut diselenggarakan serangkaian dengan Rapat Kerja Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pamong Belajar Indonesia (IPABI) Sulawesi Selatan, Sabtu (16/2/2019).

Sudirman mempertanyakan data angka buta aksara di Sulsel yang disampaikan oleh Ketua Panitia Raker DPD IPABI Sulsel, Ibrahim, yang menyebut angka buta aksara di Sulsel, saat ini mencapai sekitar 3 juta lebih.

Ibrahim menyebut beberapa daerah di Sulsel yang masuk zona merah buta aksara, seperti Toraja Utara, Bone, Wajo, dan Gowa.

"Saya berterima kasih dengan informasi seperti itu karena data itu sangat penting sebagai dasar untuk mengambil keputusan. Hanya saja, terkait data yang disampaikan itu ada yang perlu didiskusikan. Misalnya, metode yang digunakan untuk mendapatkan data tersebut," kata Sudirman.

Wagub membandingkan data angka kemiskinan yang juga pernah dipersoalkan karena fluktuasinya seperti mengikuti tahun pembuatannya. Jika tahun ganjil misalnya, maka kenaikan data angka kemiskinan tinggi tetapi jika tahun genap kenaikan angka kemiskinan justru rendah.

Andi menyebut perlu dilakukan sinkronisasi data buta aksara ini agar tidak terjadi kesalahan dalam membuat keputusan.

"Kami menggunakan data berbasis by name by address sehingga datanya akurat dan bisa dipertanggungjawabkan," kata Sudirman mengingatkan.

Wagub memuji Kadis Pendidikan Sulsel yang dinilainya inovatif dan banyak terobosan dalam memajukan pendidikan di Sulsel.

"Saya baru saja dibisiki  pentingnya membuat PAUD khusus Islam. PAUD Islam Terpadu," katanya.

Seminar ini menampilkan pembicara masing-masing Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Abdul Kahar; Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo; dan  Muh Yunus (Guru Besar Universitas Bosowa Makassar). (Rusdy)


(Sumber Berita: Rusdy Embas)

Rusdy Embas
Kategori Berita: Umum 16 Februari 2019 | Dibaca 60x Diposting oleh: Rusdy Embas

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔20 Maret 2019

    Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Program PAUD dan Dikmas Tahun 2019

  • Agenda
    🕔11 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Tutor Pendidikan Keaksaraan

  • Agenda
    🕔25 Februari 2019

    Bimbingan Teknis Implementasi Pendidikan PAUD Pada Satuan Pendidikan

  • Agenda
    🕔25 Februari 2019

    Bimbingan Teknis Implementasi Pendidikan Keluarga Pada Satuan Pendidikan

  • Agenda
    🕔20 Desember 2018

    FGD bagi Pendamping Program Paket C Binaan SPNF SKB dan PKBM

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung