TK Sementara untuk Anak-anak Penyintas Banjir Bandang di Luwu Utara

Irwan Tando
Kategori Berita: Umum 08 Januari 2021 | Dibaca 410x Diposting oleh: Irwan Tando

TK Sementara untuk Anak-anak Penyintas Banjir Bandang di Luwu Utara

Apapun yang terjadi, pendidikan anak-anak kita tidak bisa dihentikan. Pendidikan harus tetap jadi concern utama, meski kita berada pada kondisi bencana sekalipun," jelas Drs Arman Agung, M.Pd, Kepala BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan, saat peresmian Taman Kanak-kanak Sementara di Luwu Utara, Kamis, 3 Desember 2020.

Karena itu, dia berharap ada dukungan dari pemerintah agar TK sementara tersebut akan menjadi cikal bakal pendirian kelas untuk anak-anak pengungsi usia dini atau PAUD di lokasi penyintas lainnya. TK sementara yang merupakan program kemitraan BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara itu, diperuntukkan bagi anak-anak korban banjir bandang yang berada di Dusun Panampung, Desa Radda, Kecamatan Baebunta. PAUD darurat yang dibangun sejak 18 November 2020 itu, membina 20-an anak.

Arman Agung menjelaskan, pihaknya memberikan beberapa bantuan, seperti bangunan, mebel, dan alat permainan edukatif (APE), juga makanan tambahan untuk anak-anak. Selain itu, juga memberikan bantuan pengganti uang transpor untuk guru-guru. Itu karena mereka mau mendedikasikan dirinya bagi anak-anak pengungsi korban bencana banjir Luwu Utara tersebut.

Pjs Bupati Luwu Utara, Muhammad Iqbal Suhaeb, dalam sambutannya sebelum peresmian, mengatakan usia dini merupakan masa anak-anak untuk mendapatkan pendidikan. Terlebih bagi anak-anak penyintas banjir yang tidak lagi punya banyak kesempatan untuk bersosialisasi akibat banjir yang menghantam pemukiman mereka. Kondisi ini tentu menyisakan trauma. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan anak-anak tidak intens berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

TK sementara ini membuat anak-anak bisa tetap bermain dan menghilangkan trauma mereka," lanjut Iqbal, yang pernah menjadi Penjabat (Pj) Walikota Makassar selama setahun itu.

Dia meminta orang tua dan masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik apa yang sudah diberikan oleh pemerintah. Karena pendidikan merupakan pondasi untuk menciptakan generasi yang baik. Walau bersifat sementara, namun Iqbal Suhaeb berharap, melalui bimbingan guru-guru, anak-anak bisa kembali ceria, dan yang terpenting kebutuhan dasar terkait pendidikannya tetap terpenuhi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Luwu Utara, Jasrum, mengungkapkan, alasan pemilihan lokasi PAUD darurat di Dusun Panampung, karena masih banyak anak-anak penyintas bencana yang tinggal di tenda-tenda pengungsian. PAUD darurat itu terdiri dari satu rombel (rombongan belajar), yang akan diatur melalui sistem shift jika murid-muridnya bertambah.

Sasaran kita sebenarnya adalah anak-anak di sekitar Panampung dan anak-anak yang masih mengungsi," kata Jasrum.

Setelah peresmian, berupa pengguntingan pita oleh Pjs Bupati Luwu Utara, Iqbal Suhaeb, didampingi Kepala BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan, Arman Agung, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara, Jasrum, ketiga pejabat bersama tamu undangan masuk ke ruang kelas. Di ruang kelas, anak-anak menyambut dengan bernyanyi sambil bertepuk tangan, yang dibimbing oleh gurunya.

Selamat datang bapak-bapak kami ucapkan. Salam dari kami yang ingin maju," begitu suara riang anak-anak bernyanyi sambil bertepuk tangan.(*)
(Sumber Berita: IR)

Irwan Tando
Kategori Berita: Umum 08 Januari 2021 | Dibaca 410x Diposting oleh: Irwan Tando

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔28 Oktober 2021

    Bimbingan Teknis Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2021

  • Agenda
    🕔27 Oktober 2021

    Bimbingan Teknis Pemetaan Mutu PAUD Dikmas Tahun 2021

  • Agenda
    🕔19 Agustus 2021

    Bimbingan Teknis Program Pengendalian Gratifikasi Kemendikbudristek Tahun 2021

  • Agenda
    🕔17 Agustus 2021

    Upacara Virtual Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI

  • Agenda
    🕔23 Juli 2021

    Rapat Verifikasi dan Validasi data TIK PKBM Se Sulsel

Selengkapnya