Anggaran Rp. 4.47 T untuk BOP PAUD

Asmuddin
Kategori Berita: Umum 13 Februari 2019 | Dibaca 80x Diposting oleh: Asmuddin

Anggaran Rp. 4.47 T untuk BOP PAUD

Usia Dini (0-6 tahun) merupakan usia emas untuk perkembangan anak. Pada periode ini, menurut psikolog anak, Desni Yuniarti, masa "golden age" otak anak berkembang sangat cepat sehingga informasi apapun akan diserap tanpa melihat baik buruknya. Bahkan sekitar 80% otak anak berkembang pada usia ini.

Menyadari hal tersebut, pemerintah memberikan perhatian serius dengan menempatkan PAUD  pada posisi yang sangat penting dan strategis. Perhatian serius ini dapat dilihat melalui implementasi kebijakan pemberian  Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) untuk semua Satuan PAUD yang memenuhi persyaratan di seluruh wilayah Indonesia, baik itu yang penyelenggaraannya oleh pemerintah maupun yang dikelola oleh yayasan/lembaga (swasta).

Untuk tahun anggaran 2019, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kembali mengalokasikan anggaran BOP PAUD sebanyak Rp. 4.47 T. Menurut penjelasanan Dirjen PAUD dan Dikmas, Harris Iskandar, sebagaimana diberitakan media online antaranews.com (21/12/2018), anggaran BOP tahun ini mengalami peningkatan sebesar 10% dari tahun 2018 yang hanya berjumlah Rp. 4.07 T.

Lebih lanjut, Dirjen mengatakan bahwa, bantuan BOP tersebut akan menyasar anak usia dini yang terdaftar di satuan PAUD dengan sasaran sebanyak 7.459.167 anak dengan nominal bantuan sebesar Rp. 600.000 per anak. Agar penggunaan anggaran BOP ini tepat sasaran dan dapat memberikan manfaat pada penyelenggaraan layanan PAUD, maka satuan PAUD yang dapat mengakses adalah mereka yang telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) PAUD dan Dikmas yang dikelola oleh Kemendikbud serta mempunyai peserta didik minimal 12 anak yang juga harus telah terdaftar di Dapo PAUD dan Diikmas, maupun persyaratan administrasi lainnya seperti kepemilikan rekening dan NPWP atas nama lembaga.

(Sumber Berita: Asmuddin)

Asmuddin
Kategori Berita: Umum 13 Februari 2019 | Dibaca 80x Diposting oleh: Asmuddin

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔20 Maret 2019

    Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Program PAUD dan Dikmas Tahun 2019

  • Agenda
    🕔11 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Tutor Pendidikan Keaksaraan

  • Agenda
    🕔25 Februari 2019

    Bimbingan Teknis Implementasi Pendidikan PAUD Pada Satuan Pendidikan

  • Agenda
    🕔25 Februari 2019

    Bimbingan Teknis Implementasi Pendidikan Keluarga Pada Satuan Pendidikan

  • Agenda
    🕔20 Desember 2018

    FGD bagi Pendamping Program Paket C Binaan SPNF SKB dan PKBM

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung