Setali Tiga Uang: Data, NUPTK, dan Tunjangan

Firman Rusliawan
Kategori Berita: Umum 13 Juli 2017 | Dibaca 282x Diposting oleh: Firman Rusliawan

Setali Tiga Uang: Data, NUPTK, dan Tunjangan

Tunjangan untuk Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) adalah kabar gembira yang ditunggu-tunggu khususnya mereka di bidang PAUD dan Dikmas. Namun tentunya ada beberapa persyaratan dan kondisi yang harus dipenuhi. Pada Workshop Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan PAUD dan Dikmas kemarin (12/7/2017), Nazaruddin dari Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Setditjen GTK) memberikan penjelasan bagi para operator data.

"Semua berawal dari data yang Saudara masukkan. Masalah yang paling banyak terjadi adalah ketidaksinkronan data yang ada di dapodik dengan data yang ada di BKN. Hal ini berpotensi menimbulkan penyimpangan dalam pembagian tunjangan." ungkapnya.

Nazaruddin melanjutkan, "Apabila data telah sesuai, maka diterbitkanlah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). NUPTK ini merupakan basis bagi proses selanjutnya. Apabila NUPTK valid, berarti 50 persen datanya valid. Namun bila NUPTK tidak valid, berarti semua datanya tidak valid."
 

Dari pemaparan Nazaruddin, dapat dipahami urgensi keakuratan data yang harus ditangani oleh operator data. Semuanya terkait dengan data, mulai dari proses penginputan, penerbitan NUPTK, yang akhirnya berujung pada pembayaran tunjangan GTK.

Terkait masalah yang dialami, yang paling utama adalah sering terjadi kesimpangsiuran informasi, sehingga banyak waktu dan tenaga terbuang hanya untuk bolak-balik menanyakan kebenarannya ke Sekretariat. Untuk masalah ini, solusi yang akan diambil adalah melakukan sosialisasi yang terstruktur dari pemerintah pusat ke provinsi, untuk kemudian dari provinsi meneruskan ke kabupaten/kota (top-down), khususnya mengenai tata cara pengisian aplikasi SIM bagi GTK. (Firman)



(Sumber Berita: Firman Rusliawan)

Firman Rusliawan
Kategori Berita: Umum 13 Juli 2017 | Dibaca 282x Diposting oleh: Firman Rusliawan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

  • Agenda
    🕔09 April 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan PKBM

  • Agenda
    🕔09 April 2018

    Diklat Pengelola Satuan Karya Widya Budaya Bakti (SWBB)

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung