Revitalisasi UPT Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 05 Oktober 2020 | Dibaca 65x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Revitalisasi UPT Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen

Isu hangat yang bergulir sejak awal tahun akhirnya terjawab minggu ini. Revitalisasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kemendikbud, khususnya LPMP dan BP-PAUD dan Dikmas hampir pasti akan melebur menjadi satu UPT yang baru. 

Hal ini disampaikan oleh Analis Kebijakan Madya Setditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen, Dr. Suhartono Arham, M.Si pada kegiatan Bimtek Pamong Belajar, Selasa (29/9/2020) di BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan.

Suhartono menyampaikan bahwa sebagai ASN, harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, baik perubahan tusi (tour of duty) maupun perubahan tempat (tour of area).

"Mulai berlaku efektif awal tahun 2021, BP-PAUD dan Dikmas akan dilebur dengan LPMP dan rencananya akan menjadi Balai Besar Peningkatan Mutu Pendidikan (B2PMP). Adapun tenaga fungsional, baik Pamong Belajar maupun Widyaiswara, semua akan diusulkan secara kolektif untuk beralih menjadi Widyaprada. Jadi nantinya, Widyaprada tidak lagi mengurusi model pembelajaran, tetapi tugas utamanya adalah mengadvokasi kepentingan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah," papar Suhartono.

Pemaparan tersebut berlanjut dengan sesi tanya jawab diantaranya dari Pamong Belajar dari SKB yang mempertanyakan kemungkinan peralihan yang sama menjadi Widyaprada.

Adapun tanggapan dari Suhartono, "Kemungkinan itu ada. Tapi karena tugas dan fungsi SKB berbeda dengan BP-PAUD, maka Pamong Belajar dari SKB harus pindah dulu menjadi Pamong Belajar BP-PAUD untuk kemudian diusulkan bersama menjadi Widyaprada."

Adapun peralihan aset BP-PAUD berupa gedung, bangunan, serta SDM lainnya belum dibicarakan pada kesempatan tersebut. Namun, perubahan dalam bentuk revitalisasi organisasi ini tidak dapat terelakkan dan harus menjadi media yang baru untuk memberikan pengabdian kepada negara.



(Sumber Berita: Firman Rusliawan)

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 05 Oktober 2020 | Dibaca 65x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔07 Oktober 2020

    Kelas Orangtua Berbagi Sesi 3 "Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini di Rumah selama Masa BDR"

  • Agenda
    🕔06 Oktober 2020

    Bimbingan Teknis PTK PAUD Angkatan III

  • Agenda
    🕔23 September 2020

    Undangan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Undangan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Program Pendidik/Tutor Bantu bagi SKB

Selengkapnya