Pria Gunawan Buka Bimtek Penilik dan Pengawas PAUD Dikmas

Tawakkal  Talib
Kategori Berita: Umum 03 Maret 2020 | Dibaca 88x Diposting oleh: Tawakkal Talib

Pria Gunawan Buka Bimtek Penilik dan Pengawas PAUD Dikmas

Plt. Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas) Sulawesi Selatan, Pria Gunawan, membuka bimbingan teknis penilik dan pengawas PAUD Dikmas tahun 2020, pada Selasa (03/Maret/2020).

Bimtek ini direncakan berlangsung selama 4 hari, terhitung sejak Selasa s.d Jumat, 03 s.d 06 Maret 2020. Acara pembukaan berlangsung di Aula Aksara Lontara BP-PAUD dan Dikmas SulSel, dan dihadiri 46 peserta. Total kuota 50 orang peserta yang berasal dari 22 kabupaten/kota se SulSel. 

Dalam laporan singkatnya, Kasi Pengembangan Sumber Daya, Hernawati Syam, mengungkapkan bahwa kuota peserta antar kabupaten/kota berbeda-berbeda, oleh karena jumlah lembaga sasaran dan jumlah penilik/pengawas pada setiap kabupaten/kota juga berbeda-beda.

"Peserta Bimtek ini adalah petugas kegiatan supervisi satuan PAUD dan Dikmas tahun 2019. Mereka terpilih sebagai peserta bimtek karena lembaga yang menjadi sasaran petugas tersebut tidak terakreditasi seluruhnya atau sebagian," jelasnya.  

Hernawati mengatakan, tujuan pelaksanaan bimtek ini yaitu untuk menyamakan persepsi antara penilik/pengawas dengan BP-PAUD dan Dikmas SulSel, meningkatkan kompetensi penilik dan pengawas, serta memperoleh sejumlah masukan/rekomendasi terkait pelaksanaan tugas penilik di lapangan.  

Beberapa poin penting disampaikan Pria Gunawan dalam arahannya, diantaranya perubahan besar yang sedang berlangsung pada Kemendikbud, tugas pokok BP-PAUD dan Dikmas SulSel saat ini belum berubah, issue kemungkinan bergabungnya BP-PAUD dan Dikmas SulSel dengan LPMP, peran nyata pengawas/penilik, peningkatan mutu pengawasan di daerah masing-masing, serta moratorium akreditasi untuk sementara.
 

Beliau mengajak semua peserta Bimtek untuk aktif mengikuti seluruh rangkaian materi yang telah disiapkan. "Mari kita manfaatkan momen-momen perubahan di Kemendikbud, menjadi bagian dari semangat Pak Menteri untuk berubah menjadi lebih baik. Salah satu narasumber berasal dari Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) KemendiKbud, manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk memperoleh kebijakan baru terkait GTK ke depan," jelasnya.  

Pada kesempatan tersebut dibagikan pula form identifikasi untuk diisi oleh setiap peserta. "Kami berharap dapat memperoleh gambaran permasalahan penilik dan pengawas PAUD Dikmas dalam pelaksanaan program pengembangan mutu PAUD dan Dikmas di lapangan, secara langsung dari bapak dan ibu peserta. Kami beri waktu 15 menit untuk mengisinya," jelasnya.
 

Pria Gunawan berharap penilik dapat ikut mengawasi penerapan model di lapangan, menunjukkan eksistensinya walaupun tidak dilibatkan oleh Dinas Pendidikan pada sebuah kegiatan, dan tetap mensukseskan PAUD dan Dikmas di wilayah kerja masing-masing.  

"Selamat mengikuti kegiatan ini mewakili kawan-kawan pengawas/penilik lainnya, semoga bapak dan ibu dapat mengikuti Bimtek ini sampai selesai, dan tujuan kita dapat tercapai," tutupnya.    
(Sumber Berita: yulfien)

Tawakkal  Talib
Kategori Berita: Umum 03 Maret 2020 | Dibaca 88x Diposting oleh: Tawakkal Talib

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔17 Maret 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas di Sulawesi Selatan Tahun 2020

  • Agenda
    🕔24 Februari 2020

    Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Angkatan II bagi Satuan PAUD Tahun 2020

  • Agenda
    🕔12 Februari 2020

    Penyusunan Program Kerja dan Perjanjian Kinerja BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan Tahun 2020

  • Agenda
    🕔04 Februari 2020

    Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bagi Satuan PAUD

  • Agenda
    🕔23 Juli 2019

    Bimbingan Teknis Pamong Belajar SPNF-SKB Tahun 2019

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung