Penyerahan Bantuan Tahap I Korban Banjir Bandang Masamba

Tawakkal  Talib
Kategori Berita: Umum 20 Juli 2020 | Dibaca 74x Diposting oleh: Tawakkal Talib

Penyerahan Bantuan Tahap I Korban Banjir Bandang Masamba

Hujan dengan intensitas tinggi sejak pagi di atas wilayah Kabupaten Luwu Utara telah mengakibatkan banjir bandang pada Senin malam (13/Juli/2020) di wilayah Masamba dan sekitarnya di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Intensitas hujan mengakibatkan kapasitas Sungai Masamba, Rongkang, dan Meli tidak mampu menampung air hujan hingga menyebabkan banjir dengan ketinggian air 1 meter.

BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan turut menggalang dan menyalurkan bantuan kepada korban bencana banjir di Masamba Luwu Utara. Bantuan dapat berupa uang maupun barang, serta terbuka untuk karyawan Balai maupun masyarakat umum yang ingin berpartisipasi. Penggalangan bantuan berlangsung sejak Kamis (16/Juli/2020) hingga sekarang.

Kasubag Tata Usaha BP-PAUD dan Dikmas Sul-Sel, Saprullah, menjelaskan bahwa untuk tahap pertama tim yang akan berangkat berjumlah 6 orang menggunakan 2 buah mobil, dan membawa sejumlah bantuan yang telah siap.

"Tim tanggap bencana BP-PAUD dan Dikmas Sul-Sel tahap pertama berangkat ke Masamba pada hari Sabtu pagi (18/Juli/2020). Kita berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Luwu Utara," jelas Saprullah.

Tim tanggap bencana BP-PAUD dan Dikmas Sul-Sel senantiasa menginformasikan keadaan mereka selama dalam perjalanan maupun setelah tiba di lokasi bencana, serta mengirimkan foto sejumlah lokasi terdampak melalui whatsapp grup Balai.

"Tim bergerak menuju Masamba, semoga kami tiba dalam keadaan selamat, Amin," informasi dari Anwar, salah seorang tim yang berangkat ke Masamba.

"Kami beristirahat di pemukiman terdampak bencana di rumah seorang penilik, di kompleks BTN Gria Cendana", lanjut Anwar.

Plt. Kepala BP-PAUD dan Dikmas, Pria Gunawan, menyampaikan harapannya kepada tim tanggap bencana untuk senantiasa waspada dalam perjalanan, maupun di lokasi nanti.

"Semoga lancar sampai kembali di Makassar, tetap jaga kesehatan, perhatikan protokol kesehatan," pesan Pria Gunawan.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), update 17 Juli 2020 Pukul 22.00 WIB via twitter BNPB, banjir bandang di Luwu Utara menyebabkan 4.202 rumah warga terdampak di 36 desa yang tersebar di 6 kecamatan. Korban banjir 36 orang meninggal dunia, 67 orang hilang, 58 orang luka-luka, dan 2.949 warga menderita, serta 76 titik pengungsi tersebar di 3 kecamatan (Kec. Sabbang, Kec. Baebunta, dan Kec. Massamba).

BNPB juga mengidentifikasi sejumlah infrastruktur yang mengalami kerusakan. Diantaranya sekolah, rumah ibadah, jalan, jembatan, lahan, sawah, pasar tradisional, bendungan irigasi, pipa air bersih, fasilitas kesehatan, serta akses jalan di Kec. Sabbang menuju Desa Malimbu tertimbun lumpur dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Bantuan untuk korban banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan tahap pertama telah diserahkan langsung oleh tim tanggap bencana BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan di posko Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara yang berlokasi di SMPN 4 Masamba, pada Sabtu malam (18/Juli/2020).
(Sumber Berita: Yulfien Pasapan)

Tawakkal  Talib
Kategori Berita: Umum 20 Juli 2020 | Dibaca 74x Diposting oleh: Tawakkal Talib

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Juli 2020

    FGD Validasi Draft Model 2020

  • Agenda
    🕔22 Juni 2020

    Bimbingan Teknis Dalam Jaringan (Bimtek Daring) bagi guru, mitra, dan Penilik PAUD.

  • Agenda
    🕔10 Juni 2020

    WEBINAR BPPAUD DAN DIikmas Sulsel "Pentingnya Protokol Kesehatan Covid 19 dalam Kebersamaan"

  • Agenda
    🕔05 Mei 2020

    Workshop Pendidik PAUD Online dengan tema "Bincang Santai I"

  • Agenda
    🕔17 Maret 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas di Sulawesi Selatan Tahun 2020

Selengkapnya