Penguatan Kompetensi Pendidik Lainnya Melalui Bimtek

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 03 Desember 2020 | Dibaca 800x Diposting oleh: Yulfien Pasapan
Pada hari Senin (30/11/2020) diselenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Pendidik Lainnya di UPT PAUD dan Dikmas oleh Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (Dit. P3GTK). 

Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom, dan direncanakan akan berlangsung selama tujuh hari hingga Sabtu depan (6/12/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik lainnya -  Pendidik PAUD, Pamong Belajar, dan Tutor - dalam implementasi merdeka belajar, penguatan pendidikan karakter, dan transformasi pendidikan di abad 21 pada program pendidikan nonformal. Adapun peserta dibagi ke dalam empat kategori, yaitu Kelas Pendidik PAUD; Kelas Pamong Belajar; Kelas Tutor Keaksaraan; dan Kelas Tutor Kesetaraan.

Dalam sambutannya saat pembukaan, Direktur P3GTK, Dr. Praptono menghimbau, "Program Merdeka Belajar berawal dari visi Bapak Presiden yang ditransformasikan oleh Mendikbud ke dalam program Pendidikan. Karenanya kita membutuhkan SDM kompeten untuk memanifestasikan misi tersebut dalam aktivitas pembelajaran, termasuk pembelajaran pada program-program pendidikan nonformal yang selama dikelola oleh Pamong Belajar dan pendidik lainnya, seperti tutor pendidikan keaksaraan dan kesetaraan, serta pendidik PAUD."

Materi yang dihadirkan pun tergolong materi yang tidak konvensional seperti sebelumnya, antara lain Transformasi Merdeka Belajar; Pembelajaran Jarak Jauh melalui Teknologi Digital; Keterampilan Abad-21 dan Pendidikan 4.0; dan juga Penguatan Kemampuan Refleksi melalui Pendekatan PDIA.

Narasumber yang dipilih adalah Pamong Belajar BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan yang dianggap cakap dan mampu membawakan materi-materi tersebut secara daring.

Dengan diselenggarakannya kegiatan gabungan antara Direktorat P3GTK dengan BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya pencapaian visi Presiden dan Mendikbud dalam dunia Pendidikan di Indonesia.



(Sumber Berita: Firman Rusliawan)

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 03 Desember 2020 | Dibaca 800x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔19 Agustus 2021

    Bimbingan Teknis Program Pengendalian Gratifikasi Kemendikbudristek Tahun 2021

  • Agenda
    🕔17 Agustus 2021

    Upacara Virtual Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI

  • Agenda
    🕔23 Juli 2021

    Rapat Verifikasi dan Validasi data TIK PKBM Se Sulsel

  • Agenda
    🕔02 Juli 2021

    Forum Konsultasi Publik Standar Layanan BP PAUD dan Dikmas SulSel

  • Agenda
    🕔16 Juni 2021

    Vaksinasi Covid-19 Pegawai BP PAUD dan Dikmas Sulsel

Selengkapnya