Pendidikan Nonformal dan Informal : Suatu Perspektif Sosiologis Pendidikan

Muhammad Fadli
Kategori Berita: Umum 11 November 2019 | Dibaca 579x Diposting oleh: Muhammad Fadli
Pendidikan dan kehidupan manusia adalah dua hal yang tak terpisahkan. Manusia hidup dengan baik dan maju karena pendidikan. Karena pentingnya pendidikan, para ahli dari berbagai disiplin ilmu turut menyumbangkan teori untuk memecahkan masalah pendidikan. Disiplin ilmu psikologi, misalnya, sekitar akhir abad ke-19, berpengaruh besar terhadap perkembangan dunia pendidikan yang kemudian melahirkan disiplin ilmu baru yang dikenal dengan psikologi pendidikan.

Demikian pula para sosiolog sekitar awal abad ke-20 juga banyak menyumbangkan pemikiran terhadap masalah-masalah yang dihadapi dunia pendidikan. Keterlibatan ilmuwan-ilmuwan sosial dalam memikirkan kemajuan pendidikan tersebut melahirkan disiplin ilmu baru yang sekarang dikenal dengan sosilogi pendidikan.
Secara khusus, sosiologi pendidikan memandang gejala pendidikan dari sudut struktur sosial masyarakat. Pendidikan diakuinya sebagai pemelihara kehidupan dan pendorong kemajuan masyarakat.

Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu perbuatan atau tindakan (Joesoef, 1994: 164). Tindakan pendidikan diarahkan kepada suatu maksud dan tujuan tertentu dengan memberikan bantuan dalam rangka mengarahkan anak kepada kehidupan dewasa. Pendidikan juga merupakan produk masyarakat yang dapat menjadi sarana untuk mengubah keadaan sosial masyarakatnya.

Pendidikan dalam masyarakat sebagai lingkungan ketiga pendidikan, selain pendidikan dalam keluarga dan sekolah. Kedudukan masyarakat sebagai lembaga pendidikan amat vital karena sebelum anak lahir, pengaruh masyarakat sudah merembes kepada keluarga anak tersebut.

(selengkapnya dapat diunduh dalam bentuk PDF)

(Sumber Berita: Dr. Fardus)

Muhammad Fadli
Kategori Berita: Umum 11 November 2019 | Dibaca 579x Diposting oleh: Muhammad Fadli

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Juli 2020

    FGD Validasi Draft Model 2020

  • Agenda
    🕔22 Juni 2020

    Bimbingan Teknis Dalam Jaringan (Bimtek Daring) bagi guru, mitra, dan Penilik PAUD.

  • Agenda
    🕔10 Juni 2020

    WEBINAR BPPAUD DAN DIikmas Sulsel "Pentingnya Protokol Kesehatan Covid 19 dalam Kebersamaan"

  • Agenda
    🕔05 Mei 2020

    Workshop Pendidik PAUD Online dengan tema "Bincang Santai I"

  • Agenda
    🕔17 Maret 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas di Sulawesi Selatan Tahun 2020

Selengkapnya