"Menggiring dengan Senyuman", Kunci Pewara yang Handal

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 23 November 2020 | Dibaca 96x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Menjadi pewara yang baik tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak orang yang bisa membawakan acara, namun sangat sedikit yang mengerti ilmunya. Sebagai UPT Kemendikbud yang selalu mengadakan acara-acara seremonial, maka hal ini menjadi penting.

Karena itu, dipandang perlu untuk meningkatkan keterampilan di bidang public speaking, MC, dan pembawa acara dengan pelatihan sehari yang diadakan Sabtu (21/11/2020). Pelatihan ini bertempat di BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan dengan menggandeng Deny Azis, SS, CPS sebagai narasumber.

Peserta dari kegiatan ini adalah staf dari BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan sejumlah 12 orang. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, tidak akan sulit lagi mendapatkan pembawa acara atau MC untuk memandu acara-acara balai.

Materi yang diberikan sangat menarik. Mulai dari tata cara berpenampilan, postur tubuh dan gestur dalam membawakan acara, pengenalan vocal, teknik membaca, dan teknik mikrofon.

"Jangan pikirkan materi dulu, tapi pikirkan penampilan Anda dulu. Yakinkan bahwa Anda sudah baik-baik saja agar siap memikirkan materinya," Deny mengingatkan.

Pelatihan dilanjutkan dengan sesi praktik, dimana masing-masing peserta diminta berbicara tentang suatu topik di depan kelas. Suasana menjadi riuh namun menarik, karena masing-masing mencoba untuk mengoreksi dan mengkritik penampilan peserta lainnya.

"Peserta yang satu ini cerdas, bahannya tidak banyak, tapi dia tidak terlihat gugup. Dia menggiring kita semua dengan senyumnya, jadi kalau dia lupa teks, itu bukan masalah lagi" komentar Deny seusai salah satu peserta, Andi Rapiatni, selesai berbicara.

Di akhir pelatihan, Kasubbag TU, Hernawaty Syam, S.Psi, MA, mengharapkan keterampilan yang diperoleh ini dapat diaplikasikan dalam tugas-tugas kantor nantinya dan periode mendatang pelatihan semacam ini dapat diikuti oleh lebih banyak peserta.



(Sumber Berita: Firman Rusliawan)

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 23 November 2020 | Dibaca 96x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔07 Oktober 2020

    Kelas Orangtua Berbagi Sesi 3 "Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini di Rumah selama Masa BDR"

  • Agenda
    🕔06 Oktober 2020

    Bimbingan Teknis PTK PAUD Angkatan III

  • Agenda
    🕔23 September 2020

    Undangan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Undangan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Program Pendidik/Tutor Bantu bagi SKB

Selengkapnya