Mantan Pasien Covid-19 Berpeluang Terinfeksi Lagi

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 09 Oktober 2020 | Dibaca 55x Diposting oleh: Yulfien Pasapan
Pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh tetap harus menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh, karena faktanya, mereka yang pernah terpapar virus corona masih berpeluang terinfeksi lagi virus tersebut.

Demikian diingatkan oleh tim medis dari Medika Plaza dalam sesi tanya jawab saat berlangsung webinar Sosialisasi Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid-19 di Lingkungan Unit Pelaksana Teknis Ditjen PAUD, Dikmas, dan Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Webinar yang berlangsung, Kamis (8/10/2020), tersebut dibuka oleh Koordinator Hukum Tata Laksana dan Kepegawaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Suhartono Arham. 

"Orang yang sudah pernah terinfeksi masih berpeluang terpapar virus yang sama, karena tidak semua orang yang terinfeksi, tubuhnya membentuk antibodi. Itu tergantung pada kemampuan tubuh yang bersangkutan", jelasnya. 

Dijelaskan pula bahwa belum ada penelitian tentang kelompok mana yang lebih rentan terinfeksi virus tersebut. Artinya, semua orang persentasenya terpapar Covid-19 sama. 

Cara terbaik untuk menghindar agar tidak terinfeksi virus tersebut adalah, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan banyak mengkonsumsi vitamin dan menjaga pola hidup. Salah satunya, tidur harus cukup. 

Soal mengonsumsi vitamin, tim medis dari Medika Plaza mengingatkan, sebaiknya memilih yang alami. Bukan yang dibeli dari counter. Disarankan juga agar memilih makanan dan minuman yang mengandung banyak protein dan mineral.

Sebagai langkah antisipasi agar tidak mudah terpapar virus, disarankan agar menghindari makan bersama di luar rumah. Jika terpaksa melakukannya, maka harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

"Sebaiknya, hindari kerumunan atau pesta. Kalau makan pasti buka masker. Dan itu sangat berbahaya. Hindari kontak erat. Saat menghadiri pesta, penyebaran virusnya bukan pada alat tetapi lebih banyak karena kontak erat," katanya. 

Menjawab pertanyaan tentang minuman herbal, mereka mengatakan, itu bisa dilakukan. Hanya saja harus sesuai dosis dan porsinya. Sebab memang ada herbal yang benar-benar efektif untuk tubuh.



(Sumber Berita: Rusdi Embas)

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 09 Oktober 2020 | Dibaca 55x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔07 Oktober 2020

    Kelas Orangtua Berbagi Sesi 3 "Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini di Rumah selama Masa BDR"

  • Agenda
    🕔06 Oktober 2020

    Bimbingan Teknis PTK PAUD Angkatan III

  • Agenda
    🕔23 September 2020

    Undangan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Undangan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Program Pendidik/Tutor Bantu bagi SKB

Selengkapnya