Kepala BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulsel Hadiri Rapat Penyusunan Program Tahap III BAN PAUD dan PNF Sulsel

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 29 September 2020 | Dibaca 131x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Kepala BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulsel Hadiri Rapat Penyusunan Program Tahap III BAN PAUD dan PNF Sulsel

Senin (28/9/2020), bertempat di aula mini BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Arman Agung, M.Pd, hadir sebagai narasumber pada kegiatan Rapat Penyusunan Program Tahap III Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh BAN PAUD dan PNF Provinsi Sulawesi Selatan.

Muhammad Ridwan selaku Ketua BAN PAUD dan PNF Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa pada tahun 2020, BAN PAUD dan PNF Provinsi Sulawesi Selatan telah sukses melaksanakan kegiatan Pengembangan Sistem Akreditasi melalui empat kegiatan, yakni: Uji Coba Terbatas Instrumen Evaluasi Diri Satuan-Prasyarat Akreditasi (EDS-PA) dan Instrumen Penilaian Visitasi (IPV); Uji Coba Instrumen Tahap I; Uji Coba Instrumen Tahap II; dan Uji Coba Sistem.

"Terima kasih kepada Kepala BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan atas kerjasama dan berbagai fasilitasi yang sangat mendukung capaian dan pemenuhan kuota akreditasi satuan PAUD dan PNF di Provinsi Sulawesi Selatan dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun dalam suasana pandemi Covid-19, kami telah sukses melaksanakan kegiatan pengembangan sistem akreditasi," ungkap Muhammad Ridwan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan perlunya peningkatan kompetensi Penilik untuk memberikan pendampingan dan pemahaman delapan Standar Nasional Pendidikan, serta menjalin koordinasi yang lebih baik dengan Dinas Pendidikan kabupaten/kota agar dapat memberdayakan Penilik dalam mendukung suksesnya kebijakan akreditasi.

"Sebagai bentuk komitmen kami dalam mendukung program akreditasi yang lebih berkualitas, salah satu diantaranya adalah peningkatan kompetensi penilik," kata Arman Agung.

Sejalan dengan hal tersebut, salah satu anggota BAN PAUD dan PNF Provinsi Sulawesi Selatan pada Komisi Perencanaan dan Pengembangan, Sainal Abidin, menyampaikan bahwa BAN PAUD dan PNF Provinsi belum didukung anggaran untuk melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi bagi Penilik dan hanya fokus pada agenda peningkatan kompetensi asesor dan penilaian kelayakan melalui kegiatan Klasifikasi Permohonan Akreditasi (KPA), Visitasi dan Validasi bagi satuan pendidikan yang mencakup PAUD, LKP, PKBM (SPNF/SKB, dan PKPPS), sehingga sangat mengharapkan dukungan BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan untuk tetap mengagendakan diklat atau bimtek bagi Penilik.

Rapat penyusunan program kali ini merupakan kegiatan pertama BAN PAUD dan PNF Provinsi Sulawesi Selatan  yang dihadiri oleh  Arman Agung  sejak beliau dilantik menakhodai BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga menjadi ajang silaturrahmi bersama anggota BAN PAUD dan PNF Provinsi Sulawesi Selatan.



(Sumber Berita: Sainal Abidin)

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 29 September 2020 | Dibaca 131x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔07 Oktober 2020

    Kelas Orangtua Berbagi Sesi 3 "Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini di Rumah selama Masa BDR"

  • Agenda
    🕔06 Oktober 2020

    Bimbingan Teknis PTK PAUD Angkatan III

  • Agenda
    🕔23 September 2020

    Undangan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Undangan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Program Pendidik/Tutor Bantu bagi SKB

Selengkapnya