BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan Selenggarakan Workshop Program Kemitraan

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 23 Oktober 2019 | Dibaca 125x Diposting oleh: Yulfien Pasapan
Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sulawesi Selatan (BP-PAUD dan Dikmas Sulsel) merancang sebuah program kemitraan bekerjasama dengan dinas pendidikan kabupaten/kota, serta Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan PNF Provinsi Sulawesi Selatan.

Program kemitraan yang dikemas dalam bentuk kegiatan Workshop Penguatan Penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada lembaga PAUD dan Dikmas itu yang akan dilaksanakan pada tiga kabupaten yaitu Barru, Bulukumba, dan Tana Toraja sebagai titik kumpul.

Ide kegiatan ini diilhami oleh masih banyaknya satuan/ lembaga PAUD dan Dikmas sasaran pemetaan mutu tahun 2019 dengan tingkat keterpenuhan 8 SNP berada di bawah 50 persen (bernilai C) yang tidak disentuh supervisi/ bimbingan.

Berdasarkan hasil verifikasi pemetaan mutu BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan tahun 2019, pada 1.000 satuan/ lembaga PAUD dan Dikmas di Sulawesi Selatan, terdapat 388 (47 persen) satuan/ lembaga PAUD dan Dikmas (PAUD, PKBM, dan LKP) berada dalam kondisi mutu rendah, atau tingkat penerapan 8 SNP bernilai C (berada di bawah 50 persen), dengan rincian 334 lembaga PAUD, 34 lembaga PKBM, dan 20 LKP.

Untuk titik kumpul di Kabupaten Barru, kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2019, diikuti oleh 75 peserta yang berasal dari lima kabupaten, yaitu Maros, Pangkep, Barru, Soppeng, dan Sidrap. Untuk titik kumpul di Kabupaten Bulukumba, dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2019, diikuti oleh 74 peserta yang berasal dari empat kabupaten, yaitu Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, dan Sinjai. Untuk titik kumpul di Kabupaten Tana Toraja, dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2019, diikuti oleh 71 peserta yang berasal dari tiga kabupaten, yaitu Enrekang, Tana Toraja, dan Toraja Utara.

Diharapkan, program kemitraan ini akan menstimulasi satuan/ lembaga PAUD dan Dikmas untuk mengikuti proses akreditasi dengan target masuk dalam daftar visitasi tahap IV oleh BAN PAUD dan PNF Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendukung serta memperlancar tugas dan fungsi dinas pendidikan kabupaten/ kota dalam upaya pembinaan dan pengawasan satuan/ lembaga dalam rangka penerapan 8 SNP secara baik dan benar.

(Sumber Berita: Yulfien)

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Umum 23 Oktober 2019 | Dibaca 125x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔23 Juli 2019

    Bimbingan Teknis Pamong Belajar SPNF-SKB Tahun 2019

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung