Anggota Majelis Taklim Pelatihan Diversifikasi Olahan Gula Aren

Rusdy Embas
Kategori Berita: Umum 05 Agustus 2019 | Dibaca 25x Diposting oleh: Rusdy Embas

Anggota Majelis Taklim Pelatihan Diversifikasi Olahan Gula Aren

Gula aren yang diproduksi warga Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, sudah dikenal publik, karena daerah tersebut memiliki baku pembuatan gula aren yang melimpah. Tak heran jika warga setempat ramai menjajakan gula aren.

Limpahan anugerah alam bahan baku gula aren itulah yang menginspirasi dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) perguruan tinggi tersebut untuk memberikan pelatihan keterampilan untuk melakukan diversifikasi olahan gula aren.

Ketiga dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) itu, Laelah Azuzah, Pince Salempa, dan Ernawati S. Kaseng menginisiasi pelatihan yang diikuti 20 peserta yang terdiri dari kader  PKK dan anggota Majelis Taklim Nurul Huda di Desa Gattareng, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru.

Ernawati S Kaseng mengatakan, pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah gula aren yang banyak ditemukan di Desa Gattareng. Sehingga warga tidak hanya sekadar membuat gula aren seperti yang mereka lakukan selama ini, tetapi mengolahnya dalam beberapa bentuk sebelum dijual, sehingga nilai ekonominya lebih tinggi.

"Pengolahan gula aren menjadi gula semut, gula cetak mini, dan olahan aneka kue berbahan gula semut seperti dodol, tenteng, dan kue tettu, yang nantinya akan dikemas sehingga menarik dan bernilai ekonomis," katanya, Senin (5/8/2019).

Selain itu, melalui pelatihan tersebut diharapkan pula gula aren nantinya akan dikelola sebagai kegiatan ekonomi mandiri oleh ibu-ibu PKK dan majelis taklim setempat.

Sekretaris Camat Pujananting, Abdul Rahman, mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dengan adanya pelatihan tersebut, dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Saya sangat mendukung ya, adanya pelatihan ini. Semoga pelatihan ini bisa membantu perekonomian masyarakat Pujananting, khususnya di Desa Gattareng," katanya. (bahri)


(Sumber Berita: rusdyembas)

Rusdy Embas
Kategori Berita: Umum 05 Agustus 2019 | Dibaca 25x Diposting oleh: Rusdy Embas

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔23 Juli 2019

    Bimbingan Teknis Pamong Belajar SPNF-SKB Tahun 2019

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung