83 Lembaga PAUD Ikut Workshop 8 SNP di Bulukumba

Idham Dwiguna
Kategori Berita: Umum 28 Oktober 2019 | Dibaca 380x Diposting oleh: Idham Dwiguna
Untuk mendorong percepatan akreditasi Lembaga PAUD di empat kabupaten masing-masing, Bulukumba, Jeneponto, Bantaeng, dan Sinjai, sebanyak 87  lembaga penyelenggara PAUD yang memiliki  tingkat keterpenuhan 8 SNP-nya di bawah 50 persen mengikuti Workshop Penguatan Penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan yang diadakan di SMP Negeri 1, Bulukumba, Minggu (27/10/2019) di  Kabupaten Bulukumba.    

Workshop ini adalah satu program kemitraan yang dilaksanakan oleh BP-PAUD dan Dikmas Sulsel, Dinas Pendidikan Kabupaten Bulukumba, dan Badan Akretasi Nasional Provinsi Sulawesi Selatan (BAN PAUD dan PNF Provinsi SulSel).

Pejabat dari Kabupaten Bulukumba dan BAN PAUD dan PNF SulSel yang ikut menghadiri Workshop ini, Kepala Bidang PAUD Disdik Kabupaten Bulukumba dan beberapa orang dari pengawas/penilik, serta dari BAN Provinsi Sulawesi Selatan. Workshop ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bulukumba, Akhmad Januaris.

Dalam penjelasannya, Akhmad Djanuaris menyampaikan terima kasih kepada BP-PAUD dan Dikmas Sulsel atas penghargaan yang diberikan kepada Bulukumba sebagai tuan rumah pelaksanaan Workshop 8 Standar Nasional Pendidikan yang diikuti beberapa lembaga dari empat Kabupaten yakni Bantaeng, Bulukumba, Jeneponto dan Sinjai.  

Dengan kegiatan workshop ini, akan lebih menambah wawasan dan pengetahuan dari lembaga dalam penyusunan dokumentasi 8 SNP-nya.

Melalui workshop ini diharapkan lembaga  memperoleh nilai di atas  60 persen EDS-PAnya sehingga mempercepat akreditasi lembaganya dalam meningkatkan mutu lembaganya.

Ikut serta sebagai narasumber workshop 8 SNP ini, Dr Mariana dan
Ir Andriayani Akib dari BAN Provinsi Sulsel, serta 12 asesor BAN PAUD dan PNF Kabupaten Bulukumba sebagai pendamping lembaga dalam praktik pembelajaran yang telah dikelompokkan dalam beberapa kelompok berdasarkan utusan kabupatennya.
 

Selain 8 SNP yang telah dijelaskan kepada lembaga, Andriayani sebagai narasumber juga menyampaikan bukan hanya terpenuhi dokumen 8 SNP, namun bagimana lembaga dapat mengaplikasikan ke-8 standar tersebut terutama dalam lembaganya.

Dijelaskan pula mengenai tiga dokumen EDS-PA, persyaratan umum dan persyaratan khusus, dan dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang perlu dipenuhi oleh Lembaga. Tata cara pendaftaran melalui website sispena turut juga dijelaskan oleh narasumber.(uth)
(Sumber Berita: Sitti Naadia)

Idham Dwiguna
Kategori Berita: Umum 28 Oktober 2019 | Dibaca 380x Diposting oleh: Idham Dwiguna

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Juli 2020

    FGD Validasi Draft Model 2020

  • Agenda
    🕔22 Juni 2020

    Bimbingan Teknis Dalam Jaringan (Bimtek Daring) bagi guru, mitra, dan Penilik PAUD.

  • Agenda
    🕔10 Juni 2020

    WEBINAR BPPAUD DAN DIikmas Sulsel "Pentingnya Protokol Kesehatan Covid 19 dalam Kebersamaan"

  • Agenda
    🕔05 Mei 2020

    Workshop Pendidik PAUD Online dengan tema "Bincang Santai I"

  • Agenda
    🕔17 Maret 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas di Sulawesi Selatan Tahun 2020

Selengkapnya