48 Pendidik PAUD Mengikuti Bimbingan Teknis di BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan

Asmuddin
Kategori Berita: Umum 01 Maret 2019 | Dibaca 109x Diposting oleh: Asmuddin

48 Pendidik PAUD Mengikuti Bimbingan Teknis di BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan

Peningkatan kualitas penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan hal yang sangat penting dan mendesak untuk dilakukan oleh semua pihak, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Penyenggaraan PAUD dituntut untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), termasuk di dalamnya standar Pendidik dan Tenaga Kependidikannya.

Mengacu pada regulasi yang mengatur tentang PAUD, seorang pendidik PAUD harus memenuhi kompetensi tertentu untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik sebagai pendidik. Kompetensi ini merupakan syarat mutlak, karena selain keluarga merekalah yang ada di garda paling depan dalam mengawal tumbuh kembang anak,

Salah satu lembaga yang secara rutin menyelenggarakan kegiatan peningkatan kompetensi pendidik PAUD adalah BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan. Baru-baru ini, 48 pendidik PAUD yang berasal dari satuan PAUD di 24 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan berkumpul di ruang belajar untuk mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek). Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dari tanggal 25 sampai dengan 28 Februari 2019.

Menurut keterangan panitia penyelenggara, kegiatan ini diselenggarakan karena masih ada lembaga PAUD yang memiliki pendidik dengan kompetensi yang tidak sesuai. Panitia penyelenggara menguraikan data hasil pemetaan mutu dan supervisi satuan PAUD dan Dikmas tahun 2018 yang menunjukan bahwa dari 469 lembaga PAUD yang menjadi sasaran, masih ada sekitar 24% lembaga yang pendidiknya tidak memiliki kompetensi yang sesuai dan belum pernah mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi. Karena itu, selama 4 hari mereka diberikan "menu-menu" pembelajaran yang erat kaitannya dengan proses belajar mengajar, termasuk pemahaman tentang Kurikulum 2013 PAUD, dengan narasumber yang berkompeten.

Dalam pengarahannya di pembukaan kegiatan, Kepala BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan, Pria Gunawan, menekankan akan pentingnya akreditasi lembaga PAUD sebagai salah satu ukuran kualitas penyelenggaraan PAUD. Bimtek ini semoga bisa menjadi solusi untuk mempercepat proses akreditasi, karena salah satu kendala yang dihadapi oleh lembaga PAUD adalah persoalan kompetensi, dan Bimtek ini salah satu jalan keluar, kata Kepala Balai sebelum membuka kegiatan secara resmi.

Penekanan terkait pentingnya akreditasi lembaga PAUD ini kembali disampaikan oleh Kepala Seksi Informasi dan Kemitraan, Darmawangsa, yang mewakili Kepala Balai pada saat menutup kegiatan. Di hadapan 48 peserta Bimtek, beliau menyampaikan bahwa salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini adalah ketika 48 lembaga PAUD yang mengikuti kegiatan Bimtek terakreditasi di tahun 2019.



(Sumber Berita: Asmuddin)

Asmuddin
Kategori Berita: Umum 01 Maret 2019 | Dibaca 109x Diposting oleh: Asmuddin

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

  • Agenda
    🕔20 Maret 2019

    Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Program PAUD dan Dikmas Tahun 2019

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung