kembali ke beranda

Program Pendidikan Anak Usia Dini



Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Pendidikan anak usia dini tidak sekedar berfungsi untuk memberikan pengalaman belajar kepada anak, juga untuk mengoptimalkan perkembangan otak. Pendidikan anak usia dini dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja seperti halnya interaksi manusia yang terjadi di dalam keluarga, teman sebaya, dan dari hubungan kemasyarakatan yang sesuai dengan kondisi dan perkembangan anak usia dini. Pendidikan yang penuh pemahaman, pengembangan dan kesempatan seluas-luasnya diberikan pada anak untuk menunjukan potensi dirinya sendiri dengan memberikan pengarahan yang  jelas pada anak. Dengan demikian anak akan terdidik lebih cerdas dan menjadi seorang anak yang berpikir positif dan berpikiran terbuka. 
Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu :
 
1.  Membentuk anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang
 
     sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang
   
    optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di
 
    masa dewasa.
 
2. Membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah. 

 

 

 


Program / Kegiatan:

LABSITE PAUD KUNJUNG TAHUN 2014

LABSITE PAUD KUNJUNG TAHUN 2014

Karakteristik wilayah kepulauan membutuh-kan layanan mobile dalam rangka perluasan akses layanan, peningkatan mutu program, pendampingan dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan dengan memaksimalkan fungsi Kapal Pembelajaran “Tonro Kassi”.

 

Sasaran: 3 Satuan PAUD pada daerah Kepulauan.

 

Rencana Identifikasi Lokasi Labsite: Kepulauan Pangkep Kab. Pangkep - Sulsel.

LABSITE PAUD INKLUSI TAHUN 2014

LABSITE PAUD INKLUSI TAHUN 2014

Labsite PAUD Inklusi lahir untuk mendorong terwujudnya partisipasi penuh anak difabel  dalam kelas reguler tanpa mem-pertimbangkan kecacatan atau karakteristik lainnya. Dengan demikian sekolah atau pendidikan menjadi lingkungan belajar yang ramah bagi semua anak.

 

Sasaran: Terselenggaranya satuan PAUD dengan layanan inklusi.

 

Rencana Identifikasi Lokasi Labsite: Kabupaten Gowa - Sulsel.

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung