kembali ke beranda

Program Pembinaan Kursus dan Pelatihan

PROFIL



PROFIL

Pengembangan program PNFI diarahkan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi seluruh lapisan masyarakat yang berbasis pada potensi wilayah terkait dengan sumberdaya manusia yang siap pakai dan berketerampilan mandiri guna mendukung peningkatan manajemen mutu dan mutu manajemen serta mampu membangun insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif, terkait dengan program pemerintah dalam pengentasan kemisikinan dan penurunan jumlah pengangguran maka BPPNFI Regional V merencanakan pengembangan dan pengkajian model kurus dan magang pendidikan kecakapan hidup atau Lifeskill, diharapkan dapat menjawab arah kebijakan pemerintah guna meningkatkan keterampilan hidup masyarakat melalui program ini dalam rangka mempersiapkan lulusan guna terserap kedunia kerja dan mandiri.  

Tujuan penyelenggaraan program ini adalah mempersiapkan sumberdaya manusia yang kompeten dan profesional dalam mengelola potensi lokal sekaligus jaminan untuk mendapatkan pekerjaan baik mandiri maupun bekerja pada dunia usaha, menyediakan pelayanan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi bagi masyarakat melalui bidang produksi dan jasa sesuai dengan potensi lokal, memberikan kesempatan bagi para peserta didik usia produktif untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental melalui program Lifeskill.  

Adapun Model yang dikembangkan oleh Pokja BINSUSLAT di Tahun 2019

I.           
MODEL PKT (Pelatihan Kewirausahaan dan Tekhnologi) Bagi Pemuda Produktif Budidaya Jamur Tiram

Upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi entrepreneur salah satu alternatifnya adalah melalui pengembangan model kewirausahaan masyarakat dalam bidang pertanian yang diintegrasikankan dengan memanfaatkan jaringan online dalam kegiatan pemasaran, kaitannya dalam program ini adalah mengembangkan SDM dalam bidang budidaya jamur tiram dan budidaya tanaman hortikultura yang relevan. Mengapa jamur tiram? karena budidaya jamur tiram pangsa pasarnya sangat menjanjikan. Selain itu biaya pengelolaannya juga sangat terjangkau serta dikembangbiakkan melalui proses organik dan tidak menggunakan zat kimia, sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia utamanya asupan gizi.
Sekillas penjelasan tentang budidaya jamur tiram sebagai berikut: Jamur tiram merupakan jamur yang hidup saprofit yang dimanfaatkan sebagai sayuran yang banyak diminati, karena penampilanya yang menarik dan cita rasanya lezat. Jamur tiram banyak dibudidayakan beberapa negara seperti Jepang, Korea, Taiwan, Italia, Prancis, dan kini di Indonesia.  

II.           
MODEL BIDANG KEAHLIAN LISTRIK DENGAN PENDEKATAN RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau)

Pengakuan terhadap Pembelajaran Sebelumnya yang dikenal sebagai RPL sebagian besar mengacu pada proses penilaian yang digunakan untuk mengevaluasi serangkaian keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman seseorang yang diperoleh baik dengan pembelajaran formal, non-formal atau informal.
RPL mengakui nilai pembelajaran yang diperoleh di luar pengaturan formal dan memberikan sertifikat kepada mereka atas hasil tersebut. Namun demikian, syarat pemberian sertifikat tersebut harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dimana sertifikat tersebut dikeluarkan oleh lembaga yang memang telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai lembaga pemberi sertifikat kompetensi.
Dan hal penting yang perlu diperhatikan adalah pemberian informasi kepada peserta kursus bagaimana sertifikasi keterampilan yang diberikan kepada mereka nantinya akan membantu mereka dalam mengubah hidupnya.
 

III.           
MODEL 4KA BAJI

4KA BAJI adalah singkatan yang menggabungkan angka dan huruf. Angka 4 dalam bahasa Makassar disebut dengan kata appa,  maka setelah digabung dengan huruf setelahnya akan berbunyi APPAKABAJI yang dalam bahasa Makassar berarti yang memperbaiki. Angka 4 dalam 4KA BAJI juga berarti 4 komponen atau unsur yang melakukan upaya kemitraan, yaitu HIPKI, Pemerintah, DPRD, dan DUDI.
HIPKI adalah singkatan dari Himpunan Pengelola Kursus Indonesia. HIPKI hampir ada di setiap kabupaten/ kota di Indonesia. HIPKI merupakan wadah bagi LKP-LKP untuk mengembangkan dan memajukan kursus di Indonesia.

Pemerintah yang dimaksud dalam model 4KA BAJI ini adalah pemerintah daerah yang memiliki perangkat organisasi yang mendukung dan sebagai stake holder bagi HIPKI dalam membantu penempatan dan atau penyaluran tenaga kerja.
 
DPRD adalah wakil rakyat yang memperjuangkan kepentingan rakyat. Tentu ada komisi khusus yang membidangi ketenagakerjaan yang dapat membantu HIPKI dalam bermitra dengan DUDI dalam hal penempatan tenaga kerja.

Sedangkan DUDI adalah singkatan dari Dunia Usaha dan Dunia Industri. Pada beberapa daerah yang memiliki sumber daya alam, terdapat beberapa industri atau peruasahaan besar yang melakukan investasi
       

IV.           
MODEL LAO (Layanan Aplikasi Online) KURSUS

Dalam ensiklopedia bahasa bugis LAO berarti, pergi atau berangkat. Namun pengertian dalam pengembangan model aplikasi ini selain pergi atau berangkat untuk kursus dan pelatihan, maka ada istilah atau padanan kata yang kami istilah sebagai berikut LAO-KURSUS (Layanan Aplikasi Online-Kursus. Dimana LAO-KURSUS ini adalah aplikasi layanan kursus dan pelatihan dari lembaga kursus dan pelatihan bagi masyarakat/calon peserta kursus yang dikembangkan berbasis aplikasi android.
Aplikasi ini dikembangkan dengan melihat semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap berbagai layanan di era digital saat ini, salah satu contoh layanan yang disenangi oleh masyarakat saat ini adalah sarana transportasi yang dapat memberikan pergerakan dan perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain dengan cepat, walaupun jarak tempuhnya jauh,  terobosan terbaru tersebut, yakni inovasi transportasi berbasis aplikasi online yang didukung oleh teknologi komunikasi melalui smartphone.
Transportasi berbasis aplikasi online ini merupakan penggabungan dari segi jasa transportasi ojek dan teknologi komunikasi. Hal inilah dikembangkan kepada jasa layanan pendidikan (kursus dan pelatihan) dan teknologi komunikasi dan informasi melalui aplikasi LAO-KURSUS.  

Program / Kegiatan:

PROGRAM KEGIATAN BINSUSLAT TAHUN 2014

PROGRAM KEGIATAN BINSUSLAT TAHUN 2014

1

Pengembangan program pemberdayaan komunitas nelayan danau melalui program PKM

1

Kegiatan

2

Pengembangan program Mobile Course bagi masyarakat Bajo

1

Kegiatan

3

Pengembangan program Peningkatan kompetensi pengelolah kursus melalui diklat PSOK

1

Kegiatan

4

Pengembangan Labsite program Balla Reso

1

Kegiatan

5

Pengembangan Labsite program Lab Bahasa

1

Kegiatan

6

Pengembangan Labsite program Rumah Cantik

1

Kegiatan

7

Diklat fungsional Pamong Belajar (bagi PNS yang mau menjadi PB)

96

Orang

8

Diklat Ortek penguatan manajemen kelembagaan kursus (LKP yang telah dinilai kinerja tahun 2013 dan mendapat nilai kinerja C dan D)

96

Orang

PROGRAM KEGIATAN BINSUSLAT TAHUN 2013

PROGRAM KEGIATAN BINSUSLAT TAHUN 2013

1 Pengembangan program wirausaha melalui penguatan manajemen usaha bagi petani cabai 1 Kegiatan 2 Pengembangan program identifikasi kebutuhan belajar dan keberbakatan bagi anak jalanan 1 Kegiatan 3 Pengembangan program baby sitter 1 Kegiatan 4 Pengembangan Labsite program green house 1 Kegiatan 5 Pengembangan Lebsite program budidaya ikan nila 1 Kegiatan 6 Pengembangan Lebsite program hantaran 1 Kegiatan 7 Diklat MOT bagi pamong belajar BPKB/SKB   Orang 8 Pengkajian program binsuslat melalui penyaluran dana bansos 1 Kegiatan

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung