Pohon Pustaka Luncurkan Program One Book One Tree

Rusdy Embas
Kategori Berita: Pendidikan Masyarakat 15 Juli 2019 | Dibaca 171x Diposting oleh: Rusdy Embas

Pohon Pustaka Luncurkan Program One Book One Tree

Untuk membudayakan literasi, khususnya bagi masyarakat di pedesaan, pengurus Pohon Pustaka Kalimbua, Desa Bontongan, Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang, melakukan berbagai kreativitas. Kali ini, meluncurkan program One Book One Tree.

Program ini memadukan dua pesan sekaligus. Selain menyampaikan pesan literasi lewat berdonasi buku bacaan, program menjaga lingkungan juga jalan.

Melalui program one book one tree itu, jika Pohon Pustaka Kalimbua menerima satu buku donasi dari para donatur, maka para pengurus Pohon Pustaka Kalimbua mewajibkan diri menanam satu pohon.

Pengelolah Pohon Pustaka, Darwin, program tersebut merupakan salah satu bentuk kampanye kreatif mengajak masyarakat membudayakan literasi.

Melalui program one book one tree itu, ada pesan khusus mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dengan cara menanam pohon.

"Jadi, ini adalah cara kami berterima kasih kepada para donatur, karena literasi juga erat kaitannya dengan lingkungan," kata Darwin, Senin (15/7/2019).

Ia menjelaskan, semua pihak bisa berpartisipasi dalam program itu. Selain donatur mendapatkan amal dari ilmu yang dibagikannya lewat buku, juga akan turut serta menjaga kelestarian lingkungan.

Program tersebut mulai diterapkan bulan ini, sehingga nantinya ketika Pohon Pustaka dapat sumbangan buku maka mereka akan langsung menanam satu pohon.

Bibit pohon yang akan ditanam adalah hasil pembibitan mandiri dari tim Pohon Pustaka dan Lembaga Petualangan, Literasi, Konservasi, Massenrempulu (PALM).

Jenis pohon yang bakal ditanam beragam, seperti pohon buah atau pohon lain seperti pohon suren, jati putih dan pohon mahoni.

"Olehnya itu, kita ajak para masyarakat untuk ikut serta mendukung dan membantu kami dalam menyemarakkan literasi dan menjaga lingkungan" ujarnya.

Saat ini pohon pustaka Kalimbua, memiliki stok buku sekitar 800 buah yang merupakan sumbangan dari Perpustakaan Nasional dan para donatur. (saldi)


(Sumber Berita: Rusdy Embas)

Rusdy Embas
Kategori Berita: Pendidikan Masyarakat 15 Juli 2019 | Dibaca 171x Diposting oleh: Rusdy Embas

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔23 Juli 2019

    Bimbingan Teknis Pamong Belajar SPNF-SKB Tahun 2019

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung