Penerbit MIB Indonesia Training Kepenulisan Cerpen

Rusdy Embas
Kategori Berita: Pendidikan Masyarakat 01 Januari 2019 | Dibaca 77x Diposting oleh: Rusdy Embas

Penerbit MIB Indonesia Training Kepenulisan Cerpen

Banyak manusia yang ingin abadi. Tapi jarang yang berpikir untuk menulis yang merupakan salah satu jalan untuk mencapai keabadian di dunia. Tulisan yang bermanfaat dapat ditemukan di buku mana saja seperti cerpen, novel, motivasi, pengetahuan, dan traveling.

Itulah yang mengemuka pada Training Kepenulisan Cerpen yang digelar di Warkop 17, Jl Perintis Kemerdekaan Km 13, Makassar (28/12/2018) lalu. Kegiatan ini digelar oleh Penerbit MIB Indonesia.

"Tips rajin menulis yaitu jangan terhalang bad mood. Justru saat bad mood, paksa diri untuk menulis, nanti kalau lama menulis, justru menulis yang menghilangkan bad mood," tutur Nur Rahmah, trainer Cerpen MIB Indonesia.

Ada empat pelajar dan mahasiswa yang terjerat pesona Aurora Rahmah untuk mengikuti pola penulisan cerpennya. Mereka rela menyisihkan isi dompetnya untuk mengikuti training yang berlangsung enam jam tersebut.

Siti Aisyah Sukardi, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Makassar, bersama Rachmat Budianto terlihat antusias mengikuti training tersebut.

"Ternyata, di kepenulisan cerpen tidak boleh pakai nama asli. Karena kalau pakai nama asli sama ji kalau diceritai orang (menggibah)," tutur Aisyah.

"Kalau menulis jangan sementara menulis diedit juga karena nanti tulisan tidak akan selesai," lanjut mahasiswi Fakultas Bahasa UNM ini.

Rachmat sebagai peserta satu-satunya laki-laki turut membuka suara tentang training ini.

"Hal menarik yang saya dapatkan setelah mengikuti training yaitu saya mempunyai nilai tambah untuk memperbaiki karya-karya saya yang sudah saya buat kemarin-kemarin," kata mahasiswa Fakultas Ekonomi UNM ini.

Bukan hanya mahasiswa, siswi dari MAN 2 Model Makassar bernama Miftahul Hikmah juga ikut mendaftarkan diri di training kepenulisan ini.
Miftahul mendaftar bersama saudara perempuannya Fatimah Ar-Rahma, mahasiswi Universitas Gadjah Mada, yang sedang liburan di Makassar.

Miftahul Hikmah memaparkan bahwa cara menulis cerpen yang sekarang lebih terstruktur dan berharap agar kemampuan menulis cerpennya lebih terasah setelah training ini.

Sesuai dengan slogan MIB, "make your own book", maka MIB membuka pintu selebar-lebarnya untuk para peserta training dan member MIB untuk menerbitkan karya anak bangsa secara gratis yang meliputi ISBN gratis, cover desain, editing, dan layouting. (Iksan)


(Sumber Berita: Rusdy Embas)

Rusdy Embas
Kategori Berita: Pendidikan Masyarakat 01 Januari 2019 | Dibaca 77x Diposting oleh: Rusdy Embas

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

  • Agenda
    🕔20 Maret 2019

    Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Program PAUD dan Dikmas Tahun 2019

  • Agenda
    🕔11 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Tutor Pendidikan Keaksaraan

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung