Pelatihan Relawan Baca untuk Tuntaskan Buta Aksara

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Pendidikan Masyarakat 09 September 2020 | Dibaca 64x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Pelatihan Relawan Baca untuk Tuntaskan Buta Aksara

Universitas Bosowa Makassar bekerja sama dengan Pemerintah Desa Lembang Lohe, Kecamatan Kajang, Bulukumba melaksanakan Pelatihan Recruitment dan Upgrading Relawan Baca sebagai Tutor Pelaksana. 

Pelatihan berlangsung di Desa Lembang Lohe, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, itu berlangsung sebulan lebih dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat. 

Di antaranya Ketua Pelaksana Program Desa Literasi, Fathimah Az Zahra Nasiruddin beserta tim masing-masing Susalti Nur Arsyad, dan Ramli. Mereka adalah dosen Universitas Bosowa. Mereka juga bermitra dengan Ramlah sebagai pengelola Rumah Pintar sekaligus koordinator dan fasilitator. 

Relawan baca lainnya yang turut membantu yaitu Karang Taruna, penggiat literasi Kecamatan Kajang, bidan desa, guru sekolah, mahasiswa, serta perwakilan Dusun Arajang, Dusun Tanatea, dan Dusun Usa. 

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan warga, khususnya anak putus sekolah dan orangtua buta aksara lewat pembinaan dan proses belajar mengajar dengan metode Baca Tulis Hitung (Calistung). 

Seiring peningkatan pengetahuan dan wawasan, diharapkan pola pikir masyarakat bisa berubah ke arah yang lebih baik dan maju serta merasakan pentingya belajar.

Ketua Pelaksana Program, Fatimah Az Zahra Nasiruddin, Sabtu (6/9/2020), menyebut kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk membantu mempercepat upaya pengentasan buta aksara, terutama di desa-desa terpencil. 

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk membentuk SDM baru, struktur relawan baca, dan memberikan stimulus bagi masyarakat Desa Lembang Lohe tentang pembiasaan membaca," katanya. 

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Kepala Desa Lembang Lohe, Edi Haryono, dengan cara memberikan motivasi dan penghargaan kepada fasilitator. 

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama melancarkan kegiatan ini, semoga program ini berjalan baik sesuai yang diharapkan," tuturnya.



(Sumber Berita: Rusdy Embas)

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Pendidikan Masyarakat 09 September 2020 | Dibaca 64x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔23 September 2020

    Undangan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Undangan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Program Pendidik/Tutor Bantu bagi SKB

  • Agenda
    🕔27 Juli 2020

    FGD Validasi Draft Model 2020

  • Agenda
    🕔22 Juni 2020

    Bimbingan Teknis Dalam Jaringan (Bimtek Daring) bagi guru, mitra, dan Penilik PAUD.

Selengkapnya