Lingkar Nalar Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Rusdy Embas
Kategori Berita: Pendidikan Masyarakat 01 Desember 2018 | Dibaca 26x Diposting oleh: Rusdy Embas

Lingkar Nalar Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Komunitas Lingkar Nalar menjadi salah satu tempat berbagi informasi dan menyalurkan bakat bagi pecinta literasi di daerah ini, khususnya bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. 

Salah satu cara yang dilakukan komunitas ini adalah, melakukan pertemuan antar-anggota di Unismuh Makassar, Sabtu (1/12/2018). Melalui pertemuan tersebut, sesama pecinta literasi bisa berinteraksi berbagi pengalaman.

Komunitas Lingkar Nalar yang berdiri 11 November 2016 ini, dibentuk oleh Adnan Rahmad dan telah menjadi wadah bagi seluruh anggota komunitas untuk membina persaudaraan dan berbagai ilmu pengetahuan.

Komunitas Lingkar Nalar yang berada di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah menjalankan berbagai kegiatan seperti dialog Pendidikan Lintas Literasi 7 Daerah.

Ketua Lingkar Nalar, Hasbi, mengatakan bahwa salah satu alasan yang melatarbelakangi terbentuknya komunitas tersebut adalah adanya fenomena yang terjadi di tengah masyarakat dan mahasiswa yaitu kurangnya minat baca.

"Latar belakang dibentuknya komunitas Lingkar Nalar ini karena melihat kurangnya minat baca dan berkurangnya ruang literasi untuk kesadaran terutama masyarakat," kata Hasbi, Sabtu (1/12/2018).

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar ini menjelaskan bahwa penamaan sebagai Komunitas Lingkar Nalar sebagai simbol persaudaraan dan cara berpikir yang baik.

"Komunitas tersebut dikatakan Lingkar Nalar dengan alasan hanya lingkaran yang tidak akan memutuskan persaudaraan intelektual dan Nalar itu sendiri merupakan bahasa sikap berpikir, mengambil langkah, melakukan yang baik dan benar," lanjutnya.

Ia juga menambahkan bahwa tujuan dibentuknya komunitas tersebut untuk membangun minat baca terutama sektor daerah yang tidak merata pendidikannya. (fitri)


(Sumber Berita: rusdy embas)

Rusdy Embas
Kategori Berita: Pendidikan Masyarakat 01 Desember 2018 | Dibaca 26x Diposting oleh: Rusdy Embas

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔20 Desember 2018

    FGD bagi Pendamping Program Paket C Binaan SPNF SKB dan PKBM

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung