Ibu Rumah Tangga Dilatih Kelola Sampah

Rusdy Embas
Kategori Berita: Pendidikan Masyarakat 24 Maret 2019 | Dibaca 34x Diposting oleh: Rusdy Embas

Ibu Rumah Tangga Dilatih Kelola Sampah

Pegadaian meluncurkan program tukar sampah dengan tabungan emas kepada ibu-ibu rumah tangga. Program tersebut sudah masif disosialisasikan hingga ke daerah-daerah.

Di Makassar, program tersebut disosialisasikan melalui kegiatan pelatihan bertajuk "Pilah Sampah" kepada ibu rumah tangga di Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (24/3/2019). 

Untuk menjalankan pelatihan untuk memberdayakan potensi ibu-ibu rumah tangga  itu, Pegadaian menggandeng Permodalan Nasional Madani (PNM). Harapannya, bisa mendorong masyarakat menjaga kebersihan. Salah satu produksi dari hasil olahan sampah itu adalah kursi yang terbuat dari botol air mineral

Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian, Teguh Wahyono, mengatakan, pelatihan tersebut digelar untuk meningkatkan transaksi sampah tukar tabungan emas melalui program The Gade Clean and Gold ini dengan melibatkan ibu rumah tangga.

"Pelatihan ini, mendorong masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka," kata Teguh.

"Utamanya ibu rumah tangga, diharap lebih kreatif mengelola sampah, sehingga bisa menghasilkan uang yang ditabung dalam bentuk emas di Pegadaian,"  tambah Teguh dalam rilisnya, Minggu (24/3/2019).

Pelatihan tersebut didukung Asosiasi Bank Sampah Kecamatan Manggala dan Pemerintah Kecamatan Manggala, di area The Gade Clean and Gold, Jl Bitoa Raya, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala.

Direktur Bisnis PT PNM, Abianti Riana menambahkan, pelatihan memilah sampah yang dilakukan di PNM Mekar Kecamatan Manggala, telah dilakukan di tempat lainnya.

"'Kami memilih para ibu rumah tangga terlibat dalam pelatihan ini, karena ibu rumah tangga itu adalah orang jujur. Selain itu, kaum ibu rumah tangga juga sangat mudah untuk diberikan pelatihan," katanya.

"Kami berharap, agar para ibu rumah tangga yang telah mengikuti pelatihan ini dapat menularkan kepada para ibu rumah tangga lainnya di sekitar tempat tinggal masing-masing," tambah Abianti.

Sementara itu, Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra  menyambut baik kerja sama Pegadaian dengan PNM. Ini salah satu cara menciptakan pengusaha pemula yang tangguh.

"'Kami dari Kementerian BUMN telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 800 miliar lebih untuk mendukung program PNM dalam rangka mendorong makin bergeliatnya ekonomi masyarakat," ujarnya.

"Terutama dari level bawah dengan mengelola sampah menjadi peluang bisnis. Hingga kini, kami sudah menyalurkan anggaran ke PNM sekitar Rp 400 miliar lebih,"' tambah Hambra.

Bersama PT Pegadaian, PT PNM, PT Pelindo IV, PT PLN, PT Taspen, direksi Bank BTN, Senior Vice President CEO Region of Makassar, Alim Sutiono, Deputy Bisnis Area Makassar 1 dan Makassar 2, Hambra meninjau fasilitas yang ada di The Gade Clean and Gold.

Diantaranya tempat pencacahan sampah plastik dan penimbangan. Bahkan, Hambra juga mencoba kursi yang terbuat dari botol air mineral. (iksan)

(Sumber Berita: rusdy embas)

Rusdy Embas
Kategori Berita: Pendidikan Masyarakat 24 Maret 2019 | Dibaca 34x Diposting oleh: Rusdy Embas

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

  • Agenda
    🕔20 Maret 2019

    Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Program PAUD dan Dikmas Tahun 2019

  • Agenda
    🕔11 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Tutor Pendidikan Keaksaraan

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung