Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Ikut Bimtek KTSP di BP-PAUD dan Dikmas SulSel

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 25 Februari 2020 | Dibaca 96x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Ikut Bimtek KTSP di BP-PAUD dan Dikmas SulSel

Puluhan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari kabupaten/kota di SulSel ikut bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Makassar. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Mini BP-PAUD dan Dikmas SulSel ini akan berlangsung lima hari, dari tanggal 24 hingga 27 Februari 2020. Ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD.

Hadir memberi materi dalam pembukaan tersebut, Direktur PAUD Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Dr Muhammad Hasbi, yang memaparkan Kebijakan PAUD tahun 2020. Dijelaskan juga perubahan yang terjadi di Kemendikbud.

Hadir pula dalam pembukaan tersebut, Kepala BP-PAUD dan Dikmas SulSel, Pria Gunawan, SH, MSi; dan Kasubbag Umum, Saprullah S.Sos, MM; serta Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya, Hernawati Syam, S.Psi, MA.

Kepala BP-PAUD dan Dikmas SulSel, Pria Gunawan, mengingatkan pentingnya penyusunan dokumen KTSP oleh lembaga atau satuan pendidikan.
Kurikulum, katanya, merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran yang digunakan sebagai pedoman kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan dari pendidikan.

"Sangat penting untuk peningkatkan pendidikan berkualitas bagi anak usia dini sesuai tujuan yang diharapkan," katanya.

Kepada peserta Bimtek, Pria Gunawan berharap ada kemajuan untuk dapat menghasilkan kurikulum sesuai dengan syarat-syarat akreditasi.

Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya BP-PAUD dan Dikmas SulSel, Hernawati Syam mengatakan, bimbingan teknis ini dilaksanakan terkait dengan tugas balai untuk meningkatkan mutu PAUD dan Dikmas, serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia.

"Ditahun 2019, Kami banyak mengunjungi lembaga satuan PAUD yang tidak lengkap/tidak sempurna KTSP-nya. Tidak mempunyai kurikulum satuan. Bahkan, ada yang pesan kurikulum dari lembaga lain untuk dibuatkan," kata Hernawati.

Dikatakan pula, dalam visitasi masih ada lembaga yang kurikulumnya berbeda. Itu terjadi karena masih kurangnya tingkat pemenuhan dokumen KTSP yang dimiliki oleh lembaga secara utuh akibat kurangnya pengetahuan untuk menyusun KTSP yang sesuai persyaratan.

Hernawati berharap melalui bimtek ini dapat meningkatkan kompetensi sumberdaya bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD. Dia juga mengingatkan agar peserta serius mengikuti semua materi selama bimbingan berlangsung.

"Semua peserta harus menyelesikan tugas yang diberikan. Bagi yang tidak menyelesaikan tugasnya dianggap gagal," tegas Hernawati. 

(Sumber Berita: rusdy embas)

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 25 Februari 2020 | Dibaca 96x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔17 Maret 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas di Sulawesi Selatan Tahun 2020

  • Agenda
    🕔24 Februari 2020

    Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Angkatan II bagi Satuan PAUD Tahun 2020

  • Agenda
    🕔12 Februari 2020

    Penyusunan Program Kerja dan Perjanjian Kinerja BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan Tahun 2020

  • Agenda
    🕔04 Februari 2020

    Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bagi Satuan PAUD

  • Agenda
    🕔23 Juli 2019

    Bimbingan Teknis Pamong Belajar SPNF-SKB Tahun 2019

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung