PAUD Ceria Unggul dengan Program Parenting

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 11 Agustus 2020 | Dibaca 200x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

PAUD Ceria Unggul dengan Program Parenting

"Sepiii... Begini mi suasana sekolah selama anak-anak dirumahkan akibat pandemi Covid-19," ungkap Hj Sitti Halmiah Z.

Biasanya, sejak pukul 07.00 para bunda sudah bersiap menyambut murid-muridnya karena waktu belajar dimulai pukul 07.30 untuk Kelompoak Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK). Mereka pulang saat jarum jam menunjuk tepat pukul 11.00 wita. Bunda merupakan sebutan untuk guru yang mengajar di PAUD Ceria.

Pagi itu, Rabu, 5 Agustus 2020, PAUD Ceria tampak lengang. Kursi-kursi yang biasa dipakai anak-anak di sekitar Pustaka Mainan diletakkan terbalik. Tak ada anak-anak di halaman sekolah bermain perosotan, ayunan, jungkit-jungkitan, atau berkejaran dengan suara riuh. Hanya ada seekor kucing tiduran di selasar. Meski begitu, ruang dan lantai sekolah terlihat rapi bersih. Ridwan, cleaning service yang ditemui pagi itu mengatakan, sekalipun tidak ada aktivitas, sekolah tetap dibersihkan.

Hj Sitti Halmiah Z, mengaku belum lama menjadi Ketua Penyelenggara PAUD Ceria, tepatnya sejak Desember 2018. Sebagai Ketua Penyelenggara PAUD Ceria, beliau membawahi TK, KB, dan TPA (Tempat Penitipan Anak), yang masing-masing memiliki kepala sekolah berbeda. Kepala Sekolah TK, Bunda Asriani; Kepala Sekolah KB, Bunda Rahmawaty; sedangkan Kepala Sekolah TPA adalah Bunda Salsiah.

PAUD Ceria ini berada di sisi utara dari area Kantor BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan, di Jalan Adiyaksa No. 2 Makassar. Letaknya yang strategis menjadi salah satu daya tarik orangtua menyekolahkan anaknya di situ. Hal ini juga disampaikan oleh Kepala Sekolah TK, Bunda Asriani. Menurut ibu guru yang akrab disapa Bu Nani ini, banyak orangtua yang tertarik menyekolahkan anaknya ke sini karena lingkungan sekolah luas, juga alat permainan yang mendukung pembelajaran.

"Orangtua menganggap sekolah ini aman dan nyaman bagi anaknya. Juga karena akses yang terjangkau dari lokasi tempat kerja orangtuanya," papar Bu Nani.

Selama pandemi Covid-19, kata Hj Sitti Halmiah, dilakukan sistem piket agar layanan sekolah tetap diberikan bagi orangtua. Bunda-bunda dijadwalkan bergantian ke sekolah. Setiap hari bertugas 2 orang, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Ditambahkan, pihak sekolah membuat kebijakan agar paling tidak ada guru yang piket untuk melayani orangtua saat akan mengambil baju seragam atau keperluan lain. Termasuk untuk keperluan peminjaman alat peraga edukatif dari Pustaka Mainan yang terletak di tengah-tengah gedung sekolah.

Hj. Sitti Halmiah membeberkan, perbedaan PAUD Ceria dengan sekolah sejenis. Selain prasarananya yang terbilang lengkap, sekolah ini juga punya program parenting yang memberikan pemahaman tentang pengasuhan anak bagi orangtua murid. Program parenting itu mendorong peran serta orangtua dalam kegiatan-kegiatan sekolah. Misalnya, pada saat penamatan atau kelulusan, serta saat perayaan hari-hari besar keagamaaan. Semua kegiatan itu ditangani sepenuhnya oleh paguyuban orangtua.

"Di sini ada program parenting yang diajarkan ke orangtua sehingga mereka selalu berpartisipasi setiap ada kegiatan sekolah. Pihak sekolah terbuka mendengar apa yang jadi kebutuhan orangtua terkait pendidikan anaknya," jelas alumni Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang pernah jadi guru SMA itu.

Parenting itu merupakan salah satu model yang dikembangkan di PAUD Ceria. Model ini disusun oleh Kelompok Kerja (Pokja) PAUD pada BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan. Selain itu, model lain yang dibuat dan diujicobakan ke anak-anak adalah model permainan tradisional, dan model pemanfaatan bahan habis pakai.

"Model-model PAUD ini sudah dipraktikkan di binaan kita, termasuk di daerah," pungkas Hj Sitti Halmiah menutup pembicaraan. (Irwan Tando)
(Sumber Berita: Irwan Tando)

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 11 Agustus 2020 | Dibaca 200x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔23 September 2020

    Undangan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Undangan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Program Pendidik/Tutor Bantu bagi SKB

  • Agenda
    🕔27 Juli 2020

    FGD Validasi Draft Model 2020

  • Agenda
    🕔22 Juni 2020

    Bimbingan Teknis Dalam Jaringan (Bimtek Daring) bagi guru, mitra, dan Penilik PAUD.

Selengkapnya