PAUD Ceria Gelar Market Day Ciptakan Jiwa Kewirausahaan

Idham Dwiguna
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 18 Desember 2019 | Dibaca 331x Diposting oleh: Idham Dwiguna

PAUD Ceria Gelar Market Day Ciptakan Jiwa Kewirausahaan

Anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ceria kembali mengadakan Market Day di akhir semester tahun 2019 bertempat di PAUD Ceria, Jl Adyaksa No 2, Makassar, Rabu, 18/12/2019. Mereka dibagi beberapa kelompok dan dilatih berdagang melalui kewirausahaan.
  
Pendidikan wirausaha dapat dilakukan sejak dini pada anak. Pendidikan kewirausahaan bagi anak ini sebagai pembentukan mental wirausaha yang tidak sekadar mengajarkan anak tentang cara berbisnis. Membangun jiwa kewirausahaan pada anak usia dini lebih kepada bagaimana membangun sifat dan karakter yang mandiri, bertanggung jawab melalui pendidikan wirausaha secara teoritis maupun praktis,
 
Ketua paguyuban PAUD Ceria tahun 2019, Gusti, mengemukakan kegiatan ini merupakan proses pembelajaran secara langsung dengan melaksanakan by doing. Mereka merasa proses yang dibutuhkan kegiatan entrepreneur, bukan hanya berjualan namun melalui proses kreatif dan inovotif, berani mengungkapkan ide serta menumbuhkan kerja sama orangtua dalam pembuatan produk yang akan dipasarkan.

Anak-anak didik juga tahu jual-beli untuk menghasilkan uang dengan kesabaran dan perjuangan untuk mendapatkan rezeki. Pelajaran matematika juga termasuk unsur kegiatan ini melalui perhitungan pada transaksi jual-beli.

Melalui program tersebut, secara langsung mengajarkan anak belajar menajemen keuangan secara mandiri, meskipun ke depannya masih harus didampingi pendidik dan orangtua.

Market Day di PAUD Ceria dibuka oleh Rusdiana yang dalam sambutannya menyampaikan ada transaksi dan ada manajemen atau pengelolahan keuangan secara sederhana. Hal itu yang ingin diajarkan kepada anak. Kita dapatkan uang dengan cara berusaha, salah satunya dilakukan dengan cara jual-beli.

Dalam kesempatan tersebut, Rusdiana mengucapkan terima kasih pada bunda-bunda atas kerjasamanya dan yang ikut terlibat dalam kegiatan ini.

Dalam kegiatan Market Day ini, ditampilkan hasil produksi atau karya dari orangtua anak didik yang didampingi gurunya untuk dijual dan dikonsumsi oleh pengunjung. Jenis makanan dan minuman pun berbeda-beda setiap standnya lain sehingga banyak variasi bagi pengunjung.

Acara ini dikemas layaknya seperti pasar, membuat anak-anak PAUD Ceria tampak antusias dengan produk yang dijual di standnya masing-masing. *** (uth)

(Sumber Berita: Sitti Naadia)

Idham Dwiguna
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 18 Desember 2019 | Dibaca 331x Diposting oleh: Idham Dwiguna

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Juli 2020

    FGD Validasi Draft Model 2020

  • Agenda
    🕔22 Juni 2020

    Bimbingan Teknis Dalam Jaringan (Bimtek Daring) bagi guru, mitra, dan Penilik PAUD.

  • Agenda
    🕔10 Juni 2020

    WEBINAR BPPAUD DAN DIikmas Sulsel "Pentingnya Protokol Kesehatan Covid 19 dalam Kebersamaan"

  • Agenda
    🕔05 Mei 2020

    Workshop Pendidik PAUD Online dengan tema "Bincang Santai I"

  • Agenda
    🕔17 Maret 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas di Sulawesi Selatan Tahun 2020

Selengkapnya