Kepala Dinas Pedidikan dan Kebudayaan Sulsel Membuka Webinar Kelas Orangtua Berbagi Sulawesi Selatan Sesi I

Tawakkal  Talib
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 09 September 2020 | Dibaca 67x Diposting oleh: Tawakkal Talib

Kepala Dinas Pedidikan dan Kebudayaan Sulsel Membuka Webinar Kelas Orangtua Berbagi Sulawesi Selatan Sesi I

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Muhammad Jufri, S.Psi., M.Si., M.Psi., Psikolog, hadir sebagai keynote speaker sekaligus membuka Webinar Kelas Orangtua Berbagi Sulawesi Selatan sesi pertama, Rabu (9/Sep/2020).  

Kelas orangtua berbagi merupakan program nasional Kemendikbud yang diinisiasi oleh Direktorat PAUD, bertujuan untuk membangun kesadaran orangtua/wali akan pentingnya terlibat dalam pendidikan anak, temasuk didalamnya mengembangkan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak. Dikemas dalam bentuk talkshow online dimana orangtua akan sharing pengalaman selama pembelajaran di masa pandemi.

Dalam arahannya, Prof. Jufri menyampaikan kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan bahwa, sesuai SK Gubernur Sulsel, kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) dilaksanakan hingga tanggal 19 September 2020, dan jika diperlukan masih dapat diperpanjang.  

"Hampir semua wilayah di Sulawesi Selatan, kecuali Toraja Utara, melaporkan belum ada sekolah yang siap untuk melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah," jelas Prof. Jufri.  

Orangtua perlu mengambil peran yang lebih aktif dalam pendampingan BDR anak, agar anak dapat berkembang dan bertumbuh aspek-aspek kognitifnya, menjadi closing statement dari Prof. Jufri.
 

"Sukses ki' semuanya, menjadi orangtua yang menyenangkan, yang dicintai anak-anak di rumah," pesan Prof. Jufri untuk para orangtua peserta webinar.       
 

Kelas orangtua berbagi sesi pertama ini mengusung tema Pelibatan Anak Usia Dini dalam Pekerjaan Rumah Tangga, berlangsung selama 3 jam dan diikuti 130-an partisipan. Tampil sebagai narasumber orangtua yaitu Hadasiah (orangtua pada PAUD Plus Al Qurthuba Makassar), dan Ika Hardiyanti (orangtua pada TK Polesumange Bone). Serta menghadirkan Ari Pratiwi (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Brawijaya Malang) sebagai narasumber ahli. Kegiatan dipandu moderator Firman Rusliawan (Analis PAUD PNF pada BP-PAUD dan Dikmas Prov. Sulsel).    

Kasubbag Tata Usaha BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan, Hernawaty Syam, menyampaikan bahwa kegiatan ini akan berlangsung setiap dua minggu sekali sebanyak 8 kali, dimulai awal September s.d awal Desember 2020.



(Sumber Berita: Yulfien Pasapan)

Tawakkal  Talib
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 09 September 2020 | Dibaca 67x Diposting oleh: Tawakkal Talib

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔23 September 2020

    Undangan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Undangan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Program Pendidik/Tutor Bantu bagi SKB

  • Agenda
    🕔27 Juli 2020

    FGD Validasi Draft Model 2020

  • Agenda
    🕔22 Juni 2020

    Bimbingan Teknis Dalam Jaringan (Bimtek Daring) bagi guru, mitra, dan Penilik PAUD.

Selengkapnya