KB ANANDA : Tak Ada Gedung Kolong Pun Jadi

Asmuddin
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 05 Juli 2019 | Dibaca 46x Diposting oleh: Asmuddin

KB ANANDA : Tak Ada Gedung Kolong Pun Jadi

Pepatah "tak ada rotan akar pun jadi" sepertinya sangat tepat menggambarkan usaha Ibu Nur Akisah dan kawan-kawan. Demi untuk melayani pendidikan anak usia dini di lingkungannya, kolong rumah pun di sulap menjadi ruang belajar anak. Di bawah pendampingan dan bimbingan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Soppeng, mereka mendirikan layanan PAUD Non Formal yang diberi nama Kelompok Bermain (KB) Ananda.

Sejak didirikan 6 tahun lalu, Kelompok Bermain yang berlokasi di Sawile Desa Watu Kec. Marioriwawo konsisten memberikan layanan Pendidikan Anak Usia Dini meskipun dengan kondisi sarana dan prasarana yang serba minim. Ruangan satu-satunya yang tersedia adalah "kolong rumah" yang disekat menjadi 2 ruangan, 1 untuk ruangan kantor, satunya lagi untuk ruangan pembelajaran anak. Saat ini, Kelompok Bermain (KB) Ananda melayani anak usia dini sebanyak 31 warga belajar yang dikelompokkan ke dalam 2 kelompok umur yaitu usia 2-4 tahun sebanyak 19 anak dan usia 4-6 tahun sebanyak 13 anak. Keseluruhan anak tersebut dilayani oleh 3 orang pendidik, dimana Nur Akisah merangkap sebagai guru sekaligus Kepala Sekolah. Di bawah kolong rumah yang disulap menbjadi ruang belajar, Nur Akisah bersama 2 orang temannya mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk memberikan layanan pendidikan sejak dini pada anak-anak di lingkungannya.

Jangan berharap kita akan menemukan fasilitas belajar anak yang serba "wah" seperti pada layanan PAUD yang sudah mapan di bawah pengelolaan yayasan yang berorientasi bisnis pendidikan. Meski dengan fasilitas pendidikan yang minim, semangat mereka tak surut. Walau dengan imbalan insentif yang tak seberapa, motivasi mereka tak kendur.  Mereka hanya tamatan SMA, tapi itu bukan penghalang. Nur Akisah dkk didorong oleh keinginan yang kuat untuk melihat anak-anak memperolah pendidikan sejak dini.

Harapan yang tak pernah hilang dari angan-angannya adalah "suatu waktu pemerintah menyediakan gedung yang layak untuk penyelenggaraan layanan PAUD yang mereka bina, sehingga warga belajar KB Ananda tidak lagi belajar di kolong rumah."

(Sumber Berita: Asmuddin)

Asmuddin
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 05 Juli 2019 | Dibaca 46x Diposting oleh: Asmuddin

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔23 Juli 2019

    Bimbingan Teknis Pamong Belajar SPNF-SKB Tahun 2019

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung