Kabalai PAUD dan Dikmas Sulsel Harap Guru PAUD Update Pengetahuan

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 07 Oktober 2020 | Dibaca 52x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Kabalai PAUD dan Dikmas Sulsel Harap Guru PAUD Update Pengetahuan

Kepala Balai Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas) Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Arman Agung, M.Pd, mengatakan, guru PAUD penting tetap meng-update kemampuannya. Apalagi, yang dihadapi adalah anak-anak yang harus dipersiapkan memasuki usia sekolah.

Hal itu disampaikan Arman Agung dalam sambutannya sebelum pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Angkatan III di Aula Anging Mammiri BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (6/10/2020).

Bimtek dibuka oleh Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Muhammad Hasbi.

Menurut Arman Agung, pendidik perlu berinovasi agar tetap bisa melakukan pembelajaran terhadap anak di masa pandemi Covid-19 ini karena situasinya sangat berbeda.

Saat ini, kata Arman, "Kita tengah berada dalam New Normal Pandemi Covid-19 yang istilahnya telah diperbarui menjadi Adaptasi Kebiasaan Baru."
 

Istilah new normal diganti karena diksinya bisa disalah-artikan oleh publik yang biasanya lebih cenderung fokus kepada kata normal saja. Adaptasi kebiasaan baru ini mengharuskan setiap orang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam berbagai aspek kehidupan.


"Termasuk dalam pelaksanaan bimtek ini, wajib memberlakukan protokol kesehatan," katanya. 

Dikatakan, pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi saja, masih banyak yang kesulitan menggunakan aplikasi TI, bagaimana dengan pendidikan anak usia dini? Apalagi, latar belakang dan strata sosial yang majemuk.

"Disinilah, peran pendidik dan tenaga kependidikan untuk tetap melanjutkan pendidikan PAUD," kata Arman Agung.

Salah satu materi yang akan dibahas dalam bimtek kali ini adalah, bagaimana melakukan pembelajaran dari rumah terhadap anak usia dini di masa pandemi ini, agar pembelajaran untuk anak usia dini tetap berlangsung. Sebelumnya, Kepala Subbagian Tata Usaha BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Sulawesi Selatan, Hernawati Syam S.Psi, MA, menginformasikan bahwa peserta Bimtek PTK dan PAUD angkatan III ini berbeda dibandingkan dengan dua angkatan sebelumnya.

Peserta yang diundang bimtek diangkatan ini adalah guru-guru yang lembaganya sudah terakreditasi A atau B. Harapannya, selama pelatihan tidak lagi berbicara soal kurikulum, tetapi lebih fokus kepada pengayaan.



(Sumber Berita: Rusdi Embas)

Yulfien Pasapan
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 07 Oktober 2020 | Dibaca 52x Diposting oleh: Yulfien Pasapan

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔07 Oktober 2020

    Kelas Orangtua Berbagi Sesi 3 "Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini di Rumah selama Masa BDR"

  • Agenda
    🕔06 Oktober 2020

    Bimbingan Teknis PTK PAUD Angkatan III

  • Agenda
    🕔23 September 2020

    Undangan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020

  • Agenda
    🕔08 September 2020

    Undangan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Program Pendidik/Tutor Bantu bagi SKB

Selengkapnya