MODEL PENDAMPINGAN PENERAPAN ITPPA BAGI GURU MELALUI AMAKONTER (Amati, Kontrol dan Terapkan)




[ Download Lampiran ]


Pendampingan penerapan Instrumen Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (ITPPA) Bagi Guru melalui AMAKOTER (amati, kontrol dan terapkan) pada anak usia dini merupakan salah satu model yang dikembangkan oleh BPPAUD dan Dikmas tahun 2019 dan telah diujicobakan pada beberapa lembaga PAUD yang ada di Sulawesi Selatan diantaranya TK Angkasa Pura Kabupaten Maros, TK Bahana Kabupaten Pangkep, TK Pertiwi AR Gentung, Kabupaten Pangkep dan TK Pertiwi Ranting Taraweang Kab. Pangkep. Tujuan dari pengembangan model ini adalah Untuk mendeskripsikan karakteristik dan kebutuhan lapangan dalam pendampingan penerapan instrument tingkat pencapaian perkembangan anak bagi guru dengan melalui AMAKONTER , mengetahui prototipe pendampingan penerapan instrument tingkat pencapaian perkembangan anak bagi guru melalui AMAKONTER, mengetahui kepraktisan pendampingan penerapan instrument tingkat pencapaian perkembangan anak bagi guru melalui AMAKONTER, mengetahui keefektifan pendampingan penerapan instrument tingkat pencapaian perkembangan anak bagi guru melalui AMAKONTER serta mendapatkan gambaran penilaian orang tua melalui kartu control.


Bahan Ajar

Panduan Pendampingan Penerapan Instrumen TPPA Bagi Guru Melalui AMAKONTER
Panduan Pendampingan Penerapan Instrumen TPPA Bagi Guru Melalui AMAKONTER
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) yang merupakan bagian penting dari Standar Nasional PAUD. STPPA yang dimaksud adalah kriteria tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan, mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, serta seni.
Dalam penyelenggaraan guruan anak usia dini (PAUD) pada lembaga-lembaga penyelenggara merasa sangat terbantu dengan adanya instrumen TPPA ini karena dengan demikian keterbacaan tingkat keberhasilan, kemampuan pihak penyelenggara dalam melaksanakan penilaian sudah ada yang mendasari, karena selama ini penyelenggaraan penilaian hanya berdasar pada penilaian anekdot, hasil karya dan cheklist.
Penentuan Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak memiliki acuan dalam menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak sesuai yang dilayani usia 5-6 tahun, Argomulyo. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini selanjutnya disebut STPPA adalah kriteria tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan  pertumbuhan, mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, serta seni.          
Berdasarkan penilaian tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun merupakan proses mengumpulkan dan mengkaji berbagai iformasi secara sistimatis terukur, berkelanjutan, serta menyeluruh tentang pertumbuhan dan perkembangan anak yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu.

Keberadaan instrument TPPA sangat penting bagi guru dalam mengumpulkan data dan mengukur keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan oleh anak berdasarkan 6 aspek perkembangan pada diri anak yaitu  nilai dan moral agama, kognitif, fisik motorik, bahasa, sosial emosional, dan seni.
BP PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan sebagai UPT Pusat Ditjen PAUD dan Dikmas yang mempunyai tupoksi pengembangan program tidak terlepas dari pembentukan karakter anak sejak usia dini. Berdasarkan hal tersebut di atas maka BP PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan akan melaksanakan Model Pendampingan Penerapan ITPPA Bagi Guru melaluil AMAKONTER (amati, kontrol dan terapkan) dengan melibatkan guru, peserta didik, kepala sekolah, dan orang tua di satuan PAUD.
AMAKONTER penerapnnya dapat menstimulasi perkembangan anak yang bentuknya mengamati, mengontrol dan menerapkan kegiatan anak dengan menceklist kartu yang ada sehingga terpantau perlakuan yang diberikan oleh orangtua dan guru pada anak.
[ Download Bahan Ajar ]

Agenda

  • Agenda
    🕔22 Juni 2020

    Bimbingan Teknis Dalam Jaringan (Bimtek Daring) bagi guru, mitra, dan Penilik PAUD.

  • Agenda
    🕔10 Juni 2020

    WEBINAR BPPAUD DAN DIikmas Sulsel "Pentingnya Protokol Kesehatan Covid 19 dalam Kebersamaan"

  • Agenda
    🕔05 Mei 2020

    Workshop Pendidik PAUD Online dengan tema "Bincang Santai I"

  • Agenda
    🕔17 Maret 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas di Sulawesi Selatan Tahun 2020

  • Agenda
    🕔24 Februari 2020

    Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Angkatan II bagi Satuan PAUD Tahun 2020

Selengkapnya