Model Pelibatan Orang Tua pada Satuan Pendidikan Menengah Atas Berbasis "Talent Maping"




[ Download Lampiran ]


Anak-anak yang memperoleh pengasuhan terbaik adalah anak-anak yang beruntung, karena orangtuanya juga memperoleh pengasuhan yang baik. Demikian terjadi turun temurun. Pengetahuan pengasuhan anak terjadi begitu saja dalam lingkungan keluarga. Hasil studi pendahuluan terhadap orangtua anak SMA baik di Bone maupun Bantaeng menunjukkan data
bahwa mayoritas mereka menjawab pengetahuan pengasuhan anak diperoleh dari orangtuanya. Padahal orang  tua  adalah  pendidik  utama dan  terpenting,  namun  juga  yang paling tak tersiapkan. Pasalnya, mereka harus mencari sendiri informasi dan pengetahuan tentang bagaimana menumbuhkan dan mendukung pendidikan  anak-anak  mereka  dalam kondisi positif.  Selama  ini,  jika berbicara pendidikan maka fokus pembicaraan hanya kerap jatuh kepada siswa dan guru, sementara orangtua seperti diabaikan dalam pendidikan. 

Kemitraan antara sekolah dengan keluarga dan masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan sejalan dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong”. Oleh karena itu, diperlukan penelitian pengembangan model kemitraan antar tri sentra pendidikan tersebut sehingga dapat berjalan dengan baik dan bermakna sesuai kebutuhan lokal dan nyata bagi masyarakat. 

Pengembangan model pendidikan keluarga dimaksudkan untuk menyusun dan mengembangkan model pelibatan keluarga pada satuan pendidikan yang berdampak pada keluarga, antara lain: (1) meningkatnya prestasi akademik anak, (2) meningkatnya komunikasi antara orang tua dan anak, (3) meningkatnya kehadiran siswa di sekolah, (4) berkurangnya perilaku destruktif anak, (5) meningkatnya kepercayaan diri orang tua, (6) meningkatnya kepuasan orang tua terhadap sekolah, (7) orang tua berhasil mendidik anak , (8) meningkatnya ekspektasi orang tua pada anak, (9) meningkatnya kebiasaan belajar anak, (10) meningkatnya keinginan anak untuk melanjutkan sekolah, (11) meningkatnya kecenderungan orang tua melanjutkan pendidikan, (12) sikap dan perilaku anak yang lebih positif, (13) meningkatnya moral guru, (14) iklim sekolah menjadi lebih baik, dan (15) mendukung kemajuan sekolah secara keseluruhan. 


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung