Model Peningkatan Kinerja Guru PAUD Inklusi 2014




[ Download Lampiran ]


Guru pada lembaga PAUD Inklusi memegang peranan penting dalam membantu ABK, tidak hanya pada perkembangan akademik tetapi juga non akademik, seperti : perkembangan sosialisasi, komunikasi, perilaku, motorik dan perkembangan latihan keterampilan hidup sehari-hari. Proses pelaksanaan pendidikan inklusi di PAUD telah menyebabkan adanya perubahan tuntutan yang besar bagi guru-guru di sekolah tersebut. Terutama tuntutan pembelajaran yang berbasis kebutuhan individual untuk setiap siswa dalam setting kelas bersama. Anak-anak adalah individu yang unik, yang memiliki bermacam-macam minat bidang dan tingkat penguasaan, komunikasi dan strategi belajar, kecemasan dan kekhawatiran. Anak usia dini tertentu memiliki kebutuhan khusus akan bantuan karena alasan yang berbeda-beda. Berkenaan dengan proses pembelajaran, guru-guru di PAUD inklusi memiliki tugas yang cukup berat dalam mengadaptasikan lingkungan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan belajar setiap anak. Pentingnya peranan guru dalam proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus usia dini, terutama dalam menumbuhkan kepercayaan dan penyesuaian diri dalam belajar sesungguhnya telah disadari oleh banyak pihak.

Berkenaan dengan proses inklusif, guru-guru di PAUD dituntut harus memiliki sejumlah pengetahuan tertentu mengenai pendidikan khusus, siswa berkebutuhan khusus, teknik-teknik pembelajaran, dan pengembangan kurikulum. Tuntutan lainnya adalah bahwa guru-guru harus memiliki kemauan untuk melakukan perubahan dari paradigma lama ke paradigma baru. Tanggung jawab guru untuk melayani pendidikan anak-anak berkebutuhan sangat berat. Tanggung jawab yang diharapkan adalah; (1) melakukan setting program untuk identifikasi, assessment, dan mengajar siswa; (2) berpartisipasi dalam screening, assesment, dan evaluasi siswa; (3) melakukan kolaborasi dengan staf dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran.

Secara umum pengembangan program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam melayani/menangani anak berkebutuhan khusus. sedangkan Secara khusus pengembangan program ini bertujuan untuk: a. Meningkatkan pengetahuan/pemahaman guru PAUD tentang hakekat anak berkebutuhan khusus, bentuk dan model layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus. b. Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus. c. Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun program pengajaran individual d. Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun dan melaksanakan evaluasi pembelajaran.(Selengkapnya dapat di download)


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung