Model Keaksaraan Digital 2014




[ Download Lampiran ]


Pendidikan non-formal sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional memiliki tugas sama dengan pendidikan formal yakni memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat. Layanan alternatif yang diprogramkan di luar sistem persekolahan tersebut bisa berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan atau pelengkap pendidikan formal. Sasaran pendidikan non-formal yang semakin beragam, tidak hanya sekedar melayani masyarakat miskin, masyarakat yang masih buta pendidikan dasar, masyarakat yang mengalami drop out dan putus pendidikan formal, masyarakat yang tidak terakses pendidikan formal seperti; masyarakat daerah pedesaan, daerah pedalaman, daerah perbatasan, dan masyarakat kepulauan. Namun demikian masyarakat sasaran pendidikan non-formal terus meluas maju sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan lapangan kerja dan budaya masyarakat itu sendiri. Mengingat sasaran tersebut, maka program pendidikan nonformal harus terus diperluas sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perkembangan masyarakat.

Dalam rangka perluasan akses pelayanan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan, maka BPPAUDNI Regional III sebagai balai pengembangan pendidikan anak usia dini nonformal dan informal turut bertanggung jawab atas penyelenggaraan program pendidikan tersebut. Untuk itu, BPPAUDNI Regional III akan mengembangkan program pendidikan masayarakat pada daerah pedesaan. Program tersebut dirancang dengan menggunakan media digital sebagai media belajar dalam proses pembelajarannya. Media belajar digital yang digunakan adalah dalam bentuk Tablet.  

Tujuan dari pengembangan program ini meliputi tujuan umum dan tujuan khusus. secara umum tujuan pengembangan program
 keaksaraan digital ini adalah untuk mempercepat penuntasan buta aksara dengan menggunakan media pembelajaran digital. sedangkan secara khusus, tujuan pengembangan program ini meliputi meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan menghitung bagi penduduk masyarakat pedesaan, menggunakan media digital dalam pembelajaran keaksaraan masyarakat tuna aksara pada masyarakat pedesaan, serta mengembangkan program pembelajaran keaksaraan pada masyarakat pedesaan dengan menggunakan media Digital.(selengkapnya dapat di download)


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung