Model Rumah Terapung 2014




[ Download Lampiran ]


Program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM)  yang dipilih berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan belajar bagi komunitas nelayan danau difokuskan pada keterampilan Pengolahan Ikan Air Tawar menjadi; abon ikan, Tepung Tulang Ikan dan Albumin serta kewirausahaan dengan langkah-langkah pengembangan program ialah : 1. Perencanaan, Pelaksanaan, serta 3. Evaluasi.

Tahap Perencanaan merupakan tahapan memperkirakan atau proyeksi tentang hal-hal yang akan dilaksanakan dalam penyelenggaraan Kursus/pelatihan yakni; (a) mengidentifikasi kebutuhan belajar calon warga belajar, (b)  identifikasi sumber belajar (identifikasi fasilitas pembelajaran, identifikasi potensi sinergitas dengan mitra pakar/praktisi), dan (c) menyusun kurikulum pembelajaran. Pada tahap Pelaksanaan, langkah-langkah yang dilakukan adalah 1. Rekrutmen (Tenaga Pendidik dan Kependidikan). 2. Penyediaan Sarana pembelajaran, 3.Pelaksanaan Pembelajaran, 4. Uji Kompetensi dan Praktik Kerja. Sedangkan tahap Evaluasi yang dilaksanakan pada pengembangan model Kursus/pelatihan pemberdayaan nelayan  danau  melalui  Program pengolahan ikan air tawar, mengarah pada produk perencanaan program, pelaksanaan dan ketercapaian standar kompetensi yang ditetapkan dalam pembelajaran dan ketercapaian standar kompetensi lulusan
Kriteria keberhasilan penyelenggaraan Kursus/pelatihan kewirausahaan pengolahan ikan air tawar bagi komunitas nelayan danau, dibagi menjadi Kriteria Jangka Pendek (Tahun I) dan Kriteria Jangka Panjang (tahun II).

Kriteria jangka pendek ialah : Sekurang-kurangnya 75% dari langkah-langkah penyelenggaraan dipahami, diterima dan diterapkan oleh penyelenggara, Minimal 75% Nara Sumber dapat memahami dan menerapkan kurikulum dan proses pembelajaran,  Warga belajar dapat menuntaskan 70 % program pembelajaran kursus dan pelatihan pengolahan ikan air tawar, Warga belajar memiliki Pengetahuan dan Keterampilan dalam berwirausaha pengolahan ikan air tawar. Sedangkan Kriteria jangka panjang meliputi : Warga Belajar dapat membentuk kelompok wirausaha pengolahan ikan air tawar, Warga belajar memperoleh peningkatan pendapatan dari hasil penangkapan ikan melalui wirausaha pengolahan ikan ir tawar.


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung