Model Pendekatan Psikologis Dalam Meningkatkan Kecerdasan Majemuk




[ Download Lampiran ]


Pengembangan Program “Pendekatan Psiklogis Dalam Meningkatkan Kecerdasan Majemuk  (Multiple Intelligence)   Pada Anak Usia Dini“ dimaksudkan dapat membekali sebuah tenaga pendidik/gurumengenai suatu pendekatan yang dapat meberikan pilihan-pilihan kegitan main pada sehingga anak dapat melakukan kegiatan dengan aman dan nyaman di setiap sentra-sentra main yang dibentuk berdasarkan kecerdasan majemuk yakni sentra kecerdasan bahasa (verbal), sentra kecerdasan logik matematika, sentra kecerdasan visual spasial,  sentra kinestetik, sentra kecerdasan musikal, dan sentra kecerdasan natural. Selain memberikan pilihan-pilihan  main pada anak pendekatan ini pula dapat    memberikan kesempatan pada anak untuk bereksplorasi yang dapat menjadikan anak tidak merasakan adanya tekanan dari pihak manapun. Kegiatan di setiap sentra harus mencerminkan tiap kecerdasan,  artinya  disaat  anak  berada  pada  sentra  bahasa tenaga pendidik harus memaksimalkan stimulasi verbal dan mengarahkan  anak  banyak  bercakap,  yang  dapat  dilakukan melalui cerita.

Untuk mengetahui sejauh-mana pemahaman peserta didik mengenai kegiataan yang dilakukan anak melalui sentra-sentra yang telah disiapakan oleh tenaga pendidik yang mengacu pada kecerdasan jamak, maka dibuatkan blanko Evaluasi untuk menjaring informasi yang dimaksud. Menyusun format evaluasi berpedoman pada program yang telah disusun, dimaksudkan agar program dengan evaluasi nyambung. Evaluasi merupakan bagian penting  pada  penyelenggaraan  pendidikan  anak  usia  dini  agar pihak-pihak terkait dapat mengetahui sejauh-mana gambaran atau interaksi peserta didik selama mengikuti kegiatan belajar melalui bermain yang mencakup secara menyeluruh mengenai tumbuh kembang anak  yang  meliputi:  perkembangan  nilai-moral,  fisik (kasar dan halus), sosial-emosional, kognitif, bahasa dan seni. Jenis-jenis evaluasi yang dilakukan antara lain Anecdotal record, cheklist, dan portopolio.


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

  • Agenda
    🕔20 Maret 2019

    Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Program PAUD dan Dikmas Tahun 2019

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung