Pengembangan Program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Berbasis Kearifan Lokal




[ Download Lampiran ]


Salah satu usaha pemerintah untuk mencerdasarkan masyarakat pesisir adalah mendirikan Taman Bacaan Masyarakat yang disingkat TBM. TBM adalah tempat belajar yang sangat strategis dan menjadi ujung tombak dalam memasyarakatkan gemar dan kebiasaan membaca bagi masyarakat. Pemerintah berupaya mengembangkan dan memberdayakan TBM sehingga menjadi wadah yang mampu menyediakan berbagai bahan bacaan yang dibutuhkan masyarakat serta sekaligus sebagai tempat penyelenggaraan pembinaan kemampuan membaca dan belajar serta tempat untuk mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan masyarakat.

Hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh Tim Pengembang Model TBM BPPAUDNI Regional III (Pokja Dikmas, 2012) menunjukkan bahwa TBM menjadi media untuk membangun masyarakat menjadi masyarakat yang cerdas, terampil, maju, dan mandiri melalui kegiatan yang diselenggarakannya. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa TBM memiliki peran signifikan dalam mencerdaskan masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Hasil studi tersebut menjadi penguat dalam penyelenggaraan program pengembangan TBM dalam rangka mencerdaskan masyarakat. Untuk itu, BPPAUDNI Regional III pada Tahun Anggaran 2013 ini mengalokasikan dana untuk program pengembangan TBM yang memfokuskan kajian dan ujicobanyanya melalui pendekatan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat.


Pelayanan TBM Kearifan Lokal menggunakan tiga strategi, yakni: (1) strategi kekuasaan; (2) strategi persuasif; dan (3) strategi reedukatif normatif. TBM dalam mengoptimalkan fungsinya sebagai TBM berbasis nilai-nilai kearifan lokal menggunakan tiga konsep nilai. Tiga konsep tersebut adalah sebagai berikut: Sipakainga, Sipakalabbiri, Sipakatau Nilai sipakainga bermakna saling ingat mengingatkan. Nilai sipakalabbiri bermakna saling memuliakan. Nilai sipakatau bermakna saling menghargai. Adapun kekuatan model TBM ini diantaranya : menggunakan pendekatan nilai-nilai kearifan local dalam menjadikan masyarakat cinta membaca dan cinta TBM, Mendayagunakan sumber-sumber alam dalam pembuatan sarana dan prasarana TBM, serta melaksanakan kegiatan produktif dalam bentuk warung TBM yang dikelola oleh penyelenggara TBM.


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

  • Agenda
    🕔20 Maret 2019

    Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Program PAUD dan Dikmas Tahun 2019

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung