Pengembangan Program Keaksaraan Usaha Mandiri Berbasis Kewirausahaan




[ Download Lampiran ]


Kondisi yang masih memprihatinkan dalam program layanan pendidikan masyarkat  di  wilayah  kerja BP-PAUDNI  regional  III  adalah  penduduk  buta aksara usia 15 tahun ke atas jumlahnya masih cukup signifikan, dimana mereka sebagian besar perempuan yang tinggal di daerah perdesaan seperti: petani kecil, buruh, nelayan, dan kelompok masyarakat miskin perkotaan yaitu buruh berpenghasilan rendah atau pengangguran. Mereka juga tertinggal dalam hal pengetahuan, keterampilan serta sikap mental pembaharuan dan pembangunan  Akibatnya,  akses  terhadap  informasi  dan  komunikasi  yang  penting  untuk membuka cakrawala kehidupan dunia juga terbatas karena mereka tidak memiliki kemampuan keaksaraan yang memadai.

BPPAUDNI sebagai UPT yang memiliki fungsi untuk melakukan pengkajian dan pengembangan program PAUDNI perlu berupaya mengambil peran dalam mengatasi berbagai permasalahan pendidikan masyarakat melalui program yang benar-benar bermutu dan relevan dengan perkembangan dan kebutuhan belajar masyarakat. Program tersebut diwujudkan dalam bentuk pengkajian dan pengembangan program pendidikan keaksaraan dalam bentuk Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) melalui pemberdayaan perempuan yang berkelanjutan dan bervariatif di daerah masyarakatnya masih banyak yang berkeaksaraan rendah.

Pengembangan program Keaksaraan Usaha Mandiri Berbasis Kewirausahaan “Pemberdayaan Perempuan melalui Kegiatan Pengolahan Ikan, diarahkan untuk dapat membantu dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh komunitas perempuan sebagai keluarga nelayan agar dapat meningkatkan status pendidikan dan kehidupan ekonominya
Indikator keberhasilan program dapat diketahui dengan: 1. Panduan pembelajaran, bahan ajar dan panduan evaluasi hasil pengembangan mudah diterapkan. 2. Kehadiran warga belajar diatas 70% pada ­­­setiap proses pembelajaran, dibuktikan dengan daftar hadir warga belajar. 3. Kemampuan keberaksaraan warga belajar meningkat. 4. Warga Belajar memiliki usaha mandiri secara perorangan dan/atau kelompok.


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung