Model Gudep Wilayah Berpangkalan di SKB




[ Download Lampiran ]


Pendidikan masyarakat sebagai bagian penting dari pendidikan orang dewasa perlu terus dikembangkan dan diperbaharui melalui pemikiran-pemikiran yang kreatif dan inovatif. Sasaran program pendidikan keaksaraan adalah warga masyarakat yang pada umumnya relatif masih muda (kaum muda) yang memiliki masalah-masalah seperti menurunnya jiwa nasionalisme, idealisme, dan patriotisme.

Model Gudep Wilayah yang berpangkalan di SKB merupakan salah satu program pelayanan pemerataan pendidikan bagi masyarakat. Model Gudep Wilayah berpangkalan di SKB dirancang untuk memberikan pelayanan pendidikan yang merata kepada masyarakat khususnya generasi muda yang putus sekolah, tidak memiliki keterampilan dan pengangguran melalui pendidikan nonformal. Gerakan pramuka sangat tepat dijadikan sebagai salah satu kegiatan yang dapat mengatasi permasalahan kaum muda tersebut. Tempat penyelenggaraan kepramukaan yang pokok dan utama adalah di Gugusdepan yang disingkat Gudep, yang sekaligus merupakan pangkalan keanggotaan dan satuan induk bagi anggota peserta didiknya.

Melalui penerapan model Gudep Wilayah berpangkalan di SKB diharapkan dapat membantu sumber daya kaum muda melalui kepramukaan agar dapat menjadi manusia yang berkualitas, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat meningkatkan taraf hidupnya, yang mampu memberikan sumbangan yang positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat melalui semangat kebersamaan, semangat kemandirian, kepedulian, bertanggungjawab, berfikir kreatif, inovatif, dapat dipercaya, berani dan mampu menghadapi tugas-tugas serta memiliki komitmen. Model ini dilengkapi dengan panduan pembentukan Gudep, panduan materi pembelajaran, dan bahan ajar yang disesuaikan dengan kondisi lokal dimana model ini diujicobakan.

 

 


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung