Model Pendampingan Partisipatif dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Tutor Pendidikan Keaksaraan




[ Download Lampiran ]


Model pendampingan partisipatif dalam rangka peningkatan kompetensi tutor pendidikan keaksaraan diarahkan untuk membantu para tutor dalam memecahkan masalah mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran, sampai penilaian hasil belajar. Dalam pelaksanaan model ini, ada tiga tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan pendampingan dan evaluasi hasil pendampingan. Model ini bertujuan memberikan acuan bagi lembaga/organisasi maupun perorangan yang akan melaksanakan pendampingan dalam penyelenggaraan program pendidikan keaksaraan.

Tahapan model terdiri atas tiga tahap, yaitu: (1) Tahap perencanaan, termasuk di dalamnya identifikasi komponen permasalahan dan kelemahan penyelenggaraan program pendidikan keaksaraan (seperti rekruitmen warga belajar, rekruitmen tutor, identifikasi kebutuhan belajar, rencana pembelajaran, bahan ajar, metode & strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar) dan menyusun panduan pendampingan berdasarkan hasil identifikasi masalah ; (2) Tahap pelaksanaan, meliputi rekruitmen calon pendamping dan orientasi calon pendamping; dan (3) Tahap evaluasi, yang meliputi evaluasi proses pendampingan oleh pendamping dan evaluasi terhadap peningkatan kompetensi tutor yang telah didampingi.

Indikator Keberhasilan model: (1) Tutor mampu menyusun identifikasi kebutuhan belajar; (2) Tutor mampu menyusun dan memiliki rencana pembelajaran; (3) Tutor mampu menerapkan metode dan strategi pembelajaran; (4) Ada bahan ajar muatan lokal dengan pendekatan bahasa ibu; dan (5) Ada instrumen penilaian hasil hasil belajar.

 


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung