Model Assisompungeng (Pola Kesinambungan Lembaga PAUD dan Keluarga)




[ Download Lampiran ]


Model Assisompungeng (Pola Kesinambungan Lembaga PAUD dan Keluarga) adalah merupakan model pendidikan keorangtuaan, yang menyinambungkan pendidikan di lembaga PAUD dengan pendidikan anak usai dini dalam keluarga. Orangtua anak diberikan pembekalan dan kegiatan mengenai PAUD sehingga pembelajaran yang diterima anak di lembaga PAUD dapat pula dilanjutkan oleh orangtua di rumah sehingga terjadi sinkronisasi antara program di lembaga PAUD dengan pembinaan yang diterima anak di keluarganya masing-masing. Kesinambungan ini diharapkan dapat menyatukan persepsi pendidik/pengelola PAUD dan orangtua (keluarga) tentang konsep pendidikan anak usia dini, pertumbuhan/perkembangan dan stimulasi anak usia dini, komunikasi dan pengasuhan anak usia dini, serta kesehatan dan gizi anak usia dini, sehingga pendidikan anak usia dini dapat dilaksanakan dengan baik, di lembaga PAUD maupun dalam keluarga.

Keunggulan yang dimiliki oleh model ini diantaranya, yaitu: (1) Menyinambungkan program pembinaan anak di lembaga PAUD dan di keluarga; (2) Menyelaraskan program pembinaan anak di lembaga PAUD dan di keluarga; (3) Melibatkan orangtua dalam program pembinaan anak di lembaga PAUD sehingga orangtua turut merasa bertanggungjawab dan dilibatkan dalam menyukseskan tujuan pembinaan anak usia dini.

Komponen model terdiri atas: (1) Peserta (orangtua yang memiliki anak yang sedang mengikuti program pendidikan pada kelompok bermain; (2) Pendidik PAUD (mitra pendamping bagi orangtua dalam mendidik dan menghadapi anak; dan (3) Penyelenggara/Pengelola.

Indikator keberhasilan pada pengembangan model ini, adalah: (a) Terciptanya kesinambungan pendidikan di lembaga PAUD dan keluarga; (b) Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan orangtua tentang PAUD; (c) Meningkatnya keinginan orangtua untuk terlibat dalam program PAUD di lembaga PAUD; dan (d) Adanya dukungan orangtua dan peran keluarga sebagai lembaga pendidikan yang pertama dan utama bagi anak usia dini yang berkualitas.

 


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung