Model Assisompungeng (Pola Kesinambungan Lembaga PAUD dan Keluarga)




[ Download Lampiran ]


Model Assisompungeng (Pola Kesinambungan Lembaga PAUD dan Keluarga) adalah merupakan model pendidikan keorangtuaan, yang menyinambungkan pendidikan di lembaga PAUD dengan pendidikan anak usai dini dalam keluarga. Orangtua anak diberikan pembekalan dan kegiatan mengenai PAUD sehingga pembelajaran yang diterima anak di lembaga PAUD dapat pula dilanjutkan oleh orangtua di rumah sehingga terjadi sinkronisasi antara program di lembaga PAUD dengan pembinaan yang diterima anak di keluarganya masing-masing. Kesinambungan ini diharapkan dapat menyatukan persepsi pendidik/pengelola PAUD dan orangtua (keluarga) tentang konsep pendidikan anak usia dini, pertumbuhan/perkembangan dan stimulasi anak usia dini, komunikasi dan pengasuhan anak usia dini, serta kesehatan dan gizi anak usia dini, sehingga pendidikan anak usia dini dapat dilaksanakan dengan baik, di lembaga PAUD maupun dalam keluarga.

Keunggulan yang dimiliki oleh model ini diantaranya, yaitu: (1) Menyinambungkan program pembinaan anak di lembaga PAUD dan di keluarga; (2) Menyelaraskan program pembinaan anak di lembaga PAUD dan di keluarga; (3) Melibatkan orangtua dalam program pembinaan anak di lembaga PAUD sehingga orangtua turut merasa bertanggungjawab dan dilibatkan dalam menyukseskan tujuan pembinaan anak usia dini.

Komponen model terdiri atas: (1) Peserta (orangtua yang memiliki anak yang sedang mengikuti program pendidikan pada kelompok bermain; (2) Pendidik PAUD (mitra pendamping bagi orangtua dalam mendidik dan menghadapi anak; dan (3) Penyelenggara/Pengelola.

Indikator keberhasilan pada pengembangan model ini, adalah: (a) Terciptanya kesinambungan pendidikan di lembaga PAUD dan keluarga; (b) Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan orangtua tentang PAUD; (c) Meningkatnya keinginan orangtua untuk terlibat dalam program PAUD di lembaga PAUD; dan (d) Adanya dukungan orangtua dan peran keluarga sebagai lembaga pendidikan yang pertama dan utama bagi anak usia dini yang berkualitas.

 


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

  • Agenda
    🕔20 Maret 2019

    Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Program PAUD dan Dikmas Tahun 2019

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung