Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD Melalui Model Lesson Study




[ Download Lampiran ]


Lesson Study merupakan salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.

Tujuannya adalah untuk: (1) Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana peserta didik dan guru mengajar; (2) Memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) Meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif; dan (4) Membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

Model ini bercirikan adanya: (a) tujuan bersama untuk jangka panjang; (b) materi pelajaran yang penting; (c) studi tentang peserta didik secara cermat; dan (d) observasi pembelajaran secara langsung. Model ini bermanfaat agar: (a) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya; (b) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota/komunitas lainnya; dan (c) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study.

Lesson Study yang dilaksanakan berbasis satuan pendidikan PAUD mengacu pada tahapan-tahapan secara siklik, meliputi: (a) tahapan perencanaan (plan); (b) implementasi dan observasi (do); (c) refleksi (check/reflection); dan (d) tindak lanjut.

Kegiatan pengembangan model Lesson Study dapat:

1.    Membantu mengimplementasikan teori-teori pembelajaran yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan karakteristik peserta didik yang dihadapi di sekolah praktek;

2.    Menciptakan rasa empati baik pada sesama tim untuk mempersiapkan pembelajaran agar pelaksanaan pembelajarannya dapat diterima peserta didik dengan jelas yang selanjutnya dapat memberikan kebermaknaan dan hasil belajar siswa yang baik pula;

3.    Mendorong terjalinnya kekompakan, kerjasama serta komunikasi yang saling menguntungkan baik antar guru pengamat, dengan guru model, serta peserta dengan dosen pembimbing (mutual learning dan kesejawatan);

4.    Menghilangkan rasa egoisme dan rasa menggurui serta menciptakan kesetaraan antara guru model dengan guru pengamat maupun dosen pembimbing sesuai dengan tugas masing-masing;

5.    Membantu kesulitan guru paktikan dalam mengelola pembelajaran di sekolahnya;

6.    Meningkatkan pengetahuan dan kualitas pembelajaran PAUD seperti mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan; dan

7.    Meningkatkan kemampuan guru guna menuju guru yang profesional.

 


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

  • Agenda
    🕔20 Maret 2019

    Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Program PAUD dan Dikmas Tahun 2019

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung