Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD Melalui Model Lesson Study




[ Download Lampiran ]


Lesson Study merupakan salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.

Tujuannya adalah untuk: (1) Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana peserta didik dan guru mengajar; (2) Memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) Meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif; dan (4) Membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

Model ini bercirikan adanya: (a) tujuan bersama untuk jangka panjang; (b) materi pelajaran yang penting; (c) studi tentang peserta didik secara cermat; dan (d) observasi pembelajaran secara langsung. Model ini bermanfaat agar: (a) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya; (b) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota/komunitas lainnya; dan (c) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study.

Lesson Study yang dilaksanakan berbasis satuan pendidikan PAUD mengacu pada tahapan-tahapan secara siklik, meliputi: (a) tahapan perencanaan (plan); (b) implementasi dan observasi (do); (c) refleksi (check/reflection); dan (d) tindak lanjut.

Kegiatan pengembangan model Lesson Study dapat:

1.    Membantu mengimplementasikan teori-teori pembelajaran yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan karakteristik peserta didik yang dihadapi di sekolah praktek;

2.    Menciptakan rasa empati baik pada sesama tim untuk mempersiapkan pembelajaran agar pelaksanaan pembelajarannya dapat diterima peserta didik dengan jelas yang selanjutnya dapat memberikan kebermaknaan dan hasil belajar siswa yang baik pula;

3.    Mendorong terjalinnya kekompakan, kerjasama serta komunikasi yang saling menguntungkan baik antar guru pengamat, dengan guru model, serta peserta dengan dosen pembimbing (mutual learning dan kesejawatan);

4.    Menghilangkan rasa egoisme dan rasa menggurui serta menciptakan kesetaraan antara guru model dengan guru pengamat maupun dosen pembimbing sesuai dengan tugas masing-masing;

5.    Membantu kesulitan guru paktikan dalam mengelola pembelajaran di sekolahnya;

6.    Meningkatkan pengetahuan dan kualitas pembelajaran PAUD seperti mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan; dan

7.    Meningkatkan kemampuan guru guna menuju guru yang profesional.

 


Bahan Ajar

Agenda

  • Agenda
    🕔27 Agustus 2018

    Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB)

  • Agenda
    🕔30 Juli 2018

    FGD Orientasi Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Peningkatan Kompetensi Penilik

  • Agenda
    🕔07 Mei 2018

    Diklat Manajemen Pengelolaan LKP

  • Agenda
    🕔10 April 2018

    Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten Kota Tahun 2018

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung